Find Us On Social Media :

Daftar Layanan Video Conference Gratis untuk Bekerja dari Rumah

By Wisnu Nugroho, Senin, 16 Maret 2020 | 07:10 WIB

Inilah daftar video conference yang bisa digunakan secara gratis

Yang dikhawatirkan akhirnya terjadi juga. Wabah Corona yang kian merajalela memaksa masyarakat Indonesia untuk mengurangi kegiatan yang tidak perlu. Bahkan muncul anjuran dari pemerintah untuk bekerja dari rumah.

Jika memang terpaksa bekerja di rumah, Anda mungkin membutuhkan layanan video conference untuk menggantikan fungsi rapat dengan rekan kerja atau klien. Berikut adalah beberapa layanan video conference yang bisa Anda gunakan selama bekerja dari rumah. 

Kami pilihkan yang gratis, berbasis browser (jadi tidak perlu instalasi aplikasi), dan tidak perlu login sehingga mudah digunakan.

Jitsi Meet (meet.jit.si)

Plus: gratis, mudah digunakan, terenkripsi

Minus: room tidak bisa dikunci

Jitsi Meet adalah layanan video conference gratisan yang tidak memiliki batasan peserta

Selain gratis, Jitsi Meet adalah layanan video conference yang sepenuhnya terenkripsi. Artinya semua pembicaraan Anda di dalam Jitsi Meet bersifat rahasia dan tidak bisa dilihat orang yang tidak berkepentingan. Jitsi Meet juga open source, sehingga aman karena dikerjakan banyak orang. 

Untuk menggunakan layanan ini, Anda juga tidak perlu login. Cukup klik New Meeting, nanti Anda akan mendapatkan sebuah virtual room sebagai tempat Anda melakukan video conference. Setelah itu, Anda bisa share link virtual room ke orang yang ingin Anda undang rapat.

Bagi orang yang diundang, prosesnya juga sangat mudah. Tinggal klik link yang dibagi pemimpin rapat, dan Anda pun bisa langsung bergabung ke ruang rapat. Lagi-lagi, tanpa harus login.

Fitur conference Jitsi Meet juga cukup lengkap. Contohnya share screen untuk berbagi isi layar kepada peserta rapat atau call recording untuk merekam pembicaraan saat rapat.