Find Us On Social Media :

Wajib Punya, Lima Aplikasi ini Bantu Anak Giat Belajar di Rumah

By Adam Rizal, Rabu, 18 Maret 2020 | 09:00 WIB

Belajar dari Rumah

Penyebaran virus corona atau COVID-19 adalah ancaman keamanan kesehatan global. Sejumlah negara melakukan pembatasan kunjungan turis dan menerapakan kebijakan bekerja dari rumah untuk jutaan orang, termasuk siswa di Indonesia.

Pemerintah daerah atau kota di Indonesia pun mewajibkan para siswanya untuk belajar dari rumah untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di beberapa wilayah.

Lalu, bagaimana nasib pembelajaran siswa selama sekolah diliburkan? Berikut lima platform online yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar di rumah. Ruangguru

Ruangguru

Ruangguru, membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis melalui aplikasi Ruangguru, sebagai bentuk dan upaya Ruangguru dalam menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi di Indonesia di tengah darurat kesehatan penyakit COVID-19.

Melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa, di aplikasi Ruangguru.

Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 - 12.00 WIB, di mana akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

Para siswa yang belum dapat mengikuti sesi di pagi hari dapat juga mengakses rekaman Sekolah Online yang dapat diakses pada hari yang sama setelah pukul 12.00 WIB. Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

Layaknya sekolah seperti biasa, siswa juga dapat mengetahui apa yang akan dipelajari di jam dan hari tertentu melalui rincian jadwal pembelajaran yang terdapat di aplikasi Ruangguru. Di setiap sesi live teaching dalam Sekolah Online Ruangguru, siswa juga dapat mengajukan pertanyaan serta berdiskusi bersama pelajar lain melalui fitur live chat.

Terdapat pula fitur set reminder pada aplikasi yang dapat mengingatkan siswa secara otomatis apabila sebuah kelas akan dimulai pada jam yang telah ditentukan. Jika murid belum bisa mengikuti kelas dari awal, pembelajaran di Sekolah Online Ruangguru Gratis dapat diakses kembali setelah sesi keseluruhan sesi pembelajaran selesai. Zenius

Dari kiri ke kanan : Sabda P.S, Co-Founder dan Chief Executive Officer, Zenius Education. Rizky Andriawan — Chief Technology Officer, Zenius Education

Zenius Education menggratiskan akses ke video pembelajaran di seluruh platformnya untuk memudahkan akses para siswa belajar di rumah secara mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN). Selain dapat diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dengan format whiteboard yang diklaim memerlukan kuota internet paling hemat.