Find Us On Social Media :

Nih Aplikasi Remote Desktop untuk Memakai Komputer Kantor dari Rumah

By Cakrawala, Jumat, 20 Maret 2020 | 07:30 WIB

Wabah COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) membuat sebagian karyawan bekerja dari rumah alias WFH (work from home) Bila peralatan di rumah seperti halnya komputer adalah memadai dan berkas-berkas yang dibutuhkan telah turut dibawa atau diletakkan di cloud, sewajarnya karyawan tersebut bisa melakukan pekerjaannya dari rumah dengan baik. Namun, ada kalanya suatu pekerjaan membutuhkan karyawan untuk menggunakan komputer kantornya padahal komputer tersebut tidak bisa dibawa ke rumah, atau membutuhkan karyawan untuk menggunakan komputer kantornya pada jaringan kantornya pula. Nah, agar sang karyawan tidak perlu ke kantor setiap kali kebutuhan seperti itu muncul, ia bisa menggunakan remote desktop.

Remote desktop sendiri merujuk pada teknologi yang memungkinkan pengguna untuk terkoneksi ke suatu komputer yang lokasinya jauh dari pengguna melalui komputer lain yang berada di dekat pengguna, dan menggunakan komputer yang jauh itu seolah-olah pengguna bersangkutan menggunakannya secara langsung. Dengan remote desktop, pengguna bisa seolah-olah berada di depan komputer kantor dan menggunakannya seperti bila memang benar-benar berada di sana.

Jika Anda termasuk yang membutuhkan remote desktop ini, nih dua aplikasi remote desktop beserta langkah penggunaanya yang bisa Anda coba. Namun, bila saat ini Anda sudah bekerja dari rumah, Anda tentunya perlu untuk setidaknya satu kali pergi ke kantor mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk remote desktop tersebut, misalnya menginstal aplikasi remote desktop yang dipilih pada komputer kantor bersangkutan.

1. TeamViewer

TeamViewer bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi remote desktop yang paling populer. Selain mudah digunakan, TeamViwer juga menawarkan banyak fasilitas seperti kemampuan mengambil tampilan layar, mentransfer berkas, dan dukungan pencetakan pada edisi tertentu. TeamViewer ini bisa digunakan secara gratis untuk keperluan nonkomersial, sedangkan untuk keperluan komersial harga lisensinya untuk satu pengguna adalah Rp345.000 per bulan yang dibayarkan per tahun.

Untuk menggunakan TeamViewer, pertama-tama Anda tentunya perlu mengunduhnya terlebih dahulu di www.teamviewer.com. Selanjutnya adalah menginstalnya di komputer kantor yang ingin Anda remote desktop-kan dan di komputer yang akan digunakan di rumah. Instalasi untuk komputer kantor maupun komputer yang akan digunakan di rumah adalah sama. Anda bisa memilih opsi default tatkala menginstal. Namun, Anda harus memilih jenis keperluan Anda dalam menggunakan TeamViewer ini. Jangan lupa untuk menekan [Accept - finish].

Setelah selesai mengintal, TeamViewer akan menampilkan Your ID dan Password. Your ID adalah ID atau identitas dari komputer bersangkutan, sedangkan Password adalah password alias kata kunci yang perlu dimasukkan tatkala Anda ingin me-remote desktop-kan komputer tersebut.

Bila Anda sudah menginstal dan menjalankan TeamViewer di kedua komputer, Anda bisa memasukkan identitas komputer kantor pada [Partner ID] di komputer yang digunakan di rumah, lalu memasukkan kata kunci pada jendela [Password] yang muncul. Setelah menekan [Log On] remote desktop pun sewajarnya akan bekerja selama identitas dan kata kuncinya tepat.

Bila remote desktop telah bekerja, Anda akan bisa menggunakan komputer kantor dari komputer yang digunakan di rumah seolah-olah Anda berada di depan komputer kantor tersebut. Tergantung koneksi internet, kadang kala respons dari tindakan yang Anda lalukan bisa terasa kurang cepat.

Agar remote desktop tetap bisa dilakukan meski komputer kantor melakukan restart, misalnya karena melakukan pembaruan, Anda bisa masuk ke [Extras] > [Options] > [General] lalu mencentang [Start TeamViewer with Windows]. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kata kunci dan jangan lupa menekan [OK].

Nantinya ketika komputer kantor melakukan restart dan belum log in ke Windows, Anda tetap dapat melakukan remote desktop padanya. Namun, kata kunci yang dimasukkan pada jendela [Password] yang muncul pada TeamViewer komputer yang Anda gunakan di rumah adalah kata kunci yang baru saja Anda buat tadi. Jangan lupa untuk menekan [Log On]. Selanjutnya, Anda bisa melakukan log in ke Windows pada komputer kantor itu dengan memasukkan kata kunci komputer kantor bersangkutan.

Agar komputer kantor tidak tidur, hibernasi, atau sejenisnya, pastikan opsi tersebut telah dimatikan. Pasalnya, untuk terkoneksi ke komputer kantor pada saat komputer kantor mati, tidur, atau sejenisnya membutuhkan pengaturan lebih lanjut yang umumnya memerlukan izin departemen/orang TI kantor. Dengan kata lain, berdasarkan langkah yang telah disebutkan, TeamViewer pada komputer yang Anda gunakan di rumah tidak akan bisa terkoneksi dengan TeamViewer pada komputer kantor bila komputer kantor tersebut mati, tidur, hibernasi, dan sejenisnya. Alhasil, Anda atau orang lain perlu untuk datang ke kantor dan menyalakan komputer kerja tersebut kembali. Selain memastikan komputer kantor selalu dalam keadaan menyala, Anda juga perlu memastikan koneksi internet juga selalu tersedia.

2. AnyDesk

AnyDesk adalah salah satu aplikasi remote desktop lain yang populer. Seperti TeamViewer, AnyDesk juga mudah digunakan dan menawarkan banyak fasilitas. Begitu pula dengan model penggunaannya; AnyDesk bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan pribadi, sedangkan untuk pengunaan bisnis harganya adalah US$10,99 per bulan di luar pajak untuk satu perangkat dan dibayarkan per tahun. Salah satu perbedaan antara AnyDesk dengan TeamViewer adalah ukuran berkas AnyDesk yang kecil, hanya sekitar 3,2 MB dan bukannya 25,7 MB seperti TeamViewer, dan bisa dijalankan tanpa perlu diinstal terlebih dahulu.

Untuk menggunakan AnyDesk, pertama-tama Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu di https://anydesk.com. Selanjutnya Anda bisa menjalankannya secara langsung tanpa perlu menginstalnya. Seperti TeamViewer, Anda juga harus menjalankan AnyDesk ini di komputer kantor yang ingin Anda remote desktop-kan dan di komputer yang akan digunakan di rumah. Berkas yang perlu diunduh dan dijalankan adalah sama untuk keduanya.

Setelah dijalankan, AnyDesk akan menampilkan alamat dari Desk alias alamat AnyDesk komputer bersangkutan. Secara default, AnyDesk tidak akan memberikan password alias kata kunci untuk bisa terkoneksi ke AnyDesk komputer tersebut.

Bila Anda sudah menjalankan AnyDesk di kedua komputer, Anda bisa memasukkan alamat AnyDesk komputer kantor pada [Remote Desk] di komputer yang digunakan di rumah. Setelah menekan [Connect], AnyDesk akan mencoba me-remote desktop komputer kantor itu.

Namun, agar terkoneksi ke komputer kantor tersebut, Anda harus mengizinkannya dengan menekan [Accept] pada jendela yang muncul di AnyDesk komputer kantor.

Bila remote desktop telah bekerja, Anda akan bisa menggunakan komputer kantor dari komputer yang digunakan di rumah seolah-olah Anda berada di depan komputer kantor itu. Seperti TeamViewer, pada AnyDesk respons dari tindakan yang Anda lalukan kadang kala bisa terasa kurang cepat.

Agar remote desktop tetap bisa dilakukan meski tidak ada orang yang mengeklik izin yang diperlukan tadi, Anda bisa menekan [Set password for unattended access...] pada AnyDesk komputer kantor lalu mencetang [Enable unattended access] dan memasukkan kata kunci yang diinginkan pada jendela yang muncul. Jangan lupa untuk menekan [Apply] pada jendela itu setelah memasukkan kata kunci. Nantinya ketika Anda me-remote desktop komputer kantor dari AnyDesk komputer yang digunakan di rumah, akan muncul jendela [Authorization] yang menanyakan kata kunci. Bila kata kunci yang dimasukkan benar, setelah menekan [OK] remote desktop pun akan bekerja.

Sementara, agar remote desktop tetap bisa dilakukan meski komputer kantor melakukan restart, sebaiknya Anda menginstal AnyDesk ini di komputer kantor bersangkutan. Untuk menginstalnya, Anda hanya perlu mengeklik [Install AnyDesk on this computer...]. Selanjutnya akan muncul jendela pilihan sehubungan instalasi yang bisa Anda kustomisasi, tetapi InfoKomputer sendiri memilih opsi default. Setelahnya jangan lupa menekan [Accept & Install].

Nantinya ketika komputer kantor melakukan restart dan belum log in ke Windows, Anda tetap dapat melakukan remote desktop padanya. Kata kunci yang dimasukkan pada jendela [Authorization] yang muncul pada AnyDesk komputer yang Anda gunakan di rumah adalah kata kunci yang Anda buat tadi. Setelah menekan [OK], selanjutnya Anda bisa melakukan log in ke Windows pada komputer kantor itu dengan memasukkan kata kunci komputer kantor bersangkutan.

Seperti untuk TeamViewer, pastikan agar komputer kantor selalu menyala alias tidak tidur, hibernasi, atau sejenisnya. Pastikan juga koneksi internet selalu tersedia. Baik menggunakan TeamViewer maupun AnyDesk, sebaiknya Anda pastikan dulu bahwa komputer kantor yang dikehendaki memang telah berhasil di-remote desktop dari komputer yang akan digunakan di rumah sebelum Anda meninggalkan kantor.