Find Us On Social Media :

iCloud Photos "Pelit"? Ini Lima Layanan Alternatif Penggantinya

By , Sabtu, 21 Maret 2020 | 10:00 WIB

snowing/Freepik

Apple iPhone adalah salah satu ponsel pintar yang digemari. Terbukti penjualannya masuk ke dalam tiga besar ponsel pintar terlaris di dunia. Beberapa saat yang lalu malah ia sempat memuncaki pangsa pasar penjualan ponsel pintar.

Salah satu fitur yang hampir pasti dimanfaatkan oleh pengguna iPhone adalah kemampuan fotografinya. Demi kenyamanan, foto yang diambil dengan iPhone sebaiknya disinkronisasi dengan layanan iCloud Photos. Pengguna kemudian bisa mengambil foto tersebut dari perangkat lain, misalnya melalui PC desktop atau Mac untuk disunting.

Sayangnya, iCloud Photos tergolong “pelit” karena hanya menyediakan ruang simpan sebesar 5 GB. Jika hendak mendapatkan ruang simpan lebih besar, pengguna harus mengeluarkan biaya tambahan, yaitu US$0,99 untuk ruang simpan 50 GB.

Pengguna yang tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan maupun yang bersedia mengeluarkan biaya yang dianggap lebih layak dibandingkan iCloud Photos, bisa memanfaatkan layanan alternatif berikut ini. (Yahya Kurniawan)

Google Photos

Siapa yang tak mengenal layanan Google Photos? Nah, untuk bisa menggunakan Google Photos, tentu saja pengguna iPhone harus menginstal aplikasi Google Photos tersebut terlebih dahulu.

Pada saat diinstal, pengguna akan diberi opsi apakah akan menyimpan foto dengan kualitas tinggi (high quality) atau ukuran aslinya (original). Jika memilih penyimpanan foto kualitas tinggi, Google menawarkan ruang simpan tak terbatas, sedangkan untuk penyimpanan foto dengan ukuran aslinya, tersedia ruang sebesar 15 GB.

Pada penyimpanan kualitas tinggi, foto dan video akan dikompresi sampai maksimal beresolusi 16 MP dan 1080p. Jika keperluannya untuk sekadar berbagi foto atau pamer di media sosial, kualitas itu sudah sangat mencukupi.

Amazon Photos

Dok. Amazon

Berawal dari sebuah toko buku daring, Amazon kini berkembang dan memiliki banyak layanan internet, salah satunya adalah Amazon Photos. Jika pelanggan Amazon memiliki akun Amazon Prime, mereka bebas mengunggah foto sebanyak-banyaknya. Tak seperti Google Photos, foto yang diunggah oleh pemilik akun Amazon Prime tidak akan dikompresi.