Find Us On Social Media :

Google Family Link Bantu Orangtua Awasi Anak Belajar di Rumah

By Adam Rizal, Minggu, 22 Maret 2020 | 15:00 WIB

Google Family Link

#Dirumahaja. Begitulah tagar yang wara-wiri di media sosial. Demi meminimalisir penularan wabah Covid-19 di Indonesia, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing dengan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Bukan perkara mudah bagi sebagian orang, terutama orang tua agar tetap bisa bekerja sambil mengawasi anak yang juga harus belajar di rumah.

Apalagi jika si orangtua harus menyelesaikan pekerjaannya sendiri.

Bagimana bisa tetap mengontrol anak agak tidak "curi-curi" waktu bermain aplikasi lain saat harus belajar online di rumah?

Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi Family Link.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan para orangtua mengontrol smartphone anak.

Dengan aplikasi ini, orangtua memiliki kontrol untuk meyetujui dan memblokir aplikasi apa saja yang boleh diunduh dari Google Play Store.

Orangtua pun bisa mengevaluasi berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anaknya untuk mengakses aplikasi di Android. Mereka juga bisa membatasi waktu bermain di masing-masing aplikasi yang diakses putra-putrinya.

Apabila tiba waktu untuk istirahat, orangtua bisa mengatur waktu untuk tidur, lalu mengunci smartphone anak dari jarak jauh.

Melalui Family Link, orangtua juga bisa melacak lokasi anak dengan mendeteksi keberadaan smartphone mereka.

Family Link akan kompatibel di perangkat orangtua yang berjalan di Android versi 4.4 ke atas, serta iPhone atau iPad yang berjalan dengan iOS 9 ke atas.

Sementara, perangkat anak-anak yang kompatibel, minimal harus berjalan dengan sistem operasi Android 7.0 ke atas, namun tidak menutup kemungkinan bagi perangkat Android versi 5.0 dan 6.0 untuk menggunakan Family Link.