Find Us On Social Media :

VMware Ungkap Delapan Tren Teknologi Enterprise Tahun 2020

By Liana Threestayanti, Senin, 23 Maret 2020 | 18:30 WIB

VMware memaparkan delapan tren penting di kancah teknologi yang akan menghiasi dinamika ranah enterprise di sepanjang tahun 2020 ini.

Penulis: Cin Cin Go, Country Manager Indonesia, VMware

Memasuki awal tahun 2020, geliat dan perkembangan teknologi hadir begitu derasnya. Berikut kami paparkan delapan tren penting di kancah teknologi yang akan menghiasi dinamika ranah enterprise di sepanjang tahun 2020 ini.

  1. Era Baru Hybrid Apps

Hybrid apps atau aplikasi hibrida adalah aplikasi yang merupakan agregasi dari berbagai microservices yang mendukung dibangunnya aplikasi serta layanan yang berbeda pada tiap-tiap organisasi.

Bayangkan bila organisasi Anda bisa mengoptimalkan pemanfaatan layanan data dari lintas penyedia layanan, dari satu penyedia cloud dan machine learning maupun analitik ke penyedia yang lainnya. Atau mungkin Anda punya mitra bisnis yang sudah pernah membangun layanan dan mereka kini ingin bisa berjalan secara bersandingan dengan data milik Anda?

Bagi organisasi, inovasi tak melulu soal apa yang ditawarkan oleh si penyedia cloud. Ada satu platform yang dapat menyandingkan seluruh layanan yang begitu heterogen tersebut dengan cara tersendiri. Dan VMware memiliki platform tersebut.

Tak sedikit pemimpin TI dari berbagai organisasi yang kami temui menyiratkan kebutuhan fleksibilitas yang tinggi tatkala membangun aplikasi yang mampu menyandingkan layanan-layanan native cloud terbaik dengan beragam teknologi sumber terbuka (open source).

  1. Solusi Edge

Tak sedikit organisasi saat ini tengah giat mencari mitra teknologi yang mampu menghadirkan solusi bagi kendala yang mereka alami dan mendukung tumbuhnya akselerasi investasi di ranah edge. Kami memprediksi solusi-solusi holistik untuk edge akan segera meramaikan pasar teknologi. Solusi-solusi tersebut diyakini akan mampu:

Solusi tersebut berupa hardware appliance yang mendukung terselenggaranya software-defined WAN, sekaligus mampu menjalankan sejumlah aplikasi secara terisolasi. Pendekatan ini diyakini dapat memangkas biaya dengan cara mengkonsolidasikan infrastruktur, serta meningkatkan performa jaringan.

  1. Hardware Khusus bagi Pool Bersama

Ketika perusahaan menghitung bahwa aplikasi-aplikasi mereka ternyata membutuhkan seperangkat hardware khusus, seperti FPGA atau GPU, seringnya mereka berpikir bahwa mereka perlu untuk membangun server yang didedikasikan secara khusus untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Di tahun 2020 ini, kami melihat akan muncul makin banyak desainer yang menjadikan fitur koneksi ke hardware secara khusus dan bisa dilakukan dari jarak jauh sebagai prinsip utama dalam mengembangkan rancangan mereka.

Saat hyperconverged infrastructure (HCI) dipadukan dengan sejumlah solusi, seperti Bitfusion yang mendukung terkoneksinya aplikasi ke GPUs maupun FPGAs dari jarak jauh melalui sambungan Ethernet, pendekatan modular bisa dijadikan sebagai pilihan untuk solusi infrastruktur TI Anda.

Anda tak perlu lagi mengelola dan memelihara ratusan server berbeda untuk tiap kebutuhan aplikasi yang begitu beragam tersebut. Kini aplikasi bisa dikoneksikan dari jarak jauh ke hardware khusus tersebut begitu hal tersebut dibutuhkan.

  1. Babak Awal Menuju Terwujudnya Keamanan Intrinsik

Malware akan terus mengalami evolusi dan berubah makin canggih. Perusahaan perlu membangun satu postur keamanan yang lebih dinamis lagi dalam menghadapi ancaman yang kini mulai berkembang makin dinamis pula.