Find Us On Social Media :

Melirik Pertumbuhan Perangkat Smart Speaker di Pasar Global

By Rafki Fachrizal, Senin, 23 Maret 2020 | 19:52 WIB

Ilustrasi Smart Speaker (Speaker Pintar)

Dengan perkembangannya yang kian canggih, Smart Speaker (speaker pintar) diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di pasar global.

Meskipun di Indonesia sendiri perangkat ini belum terlalu populer, namun bukan tidak mungkin bila ke depannya perangkat ini menjadi populer.

Berbicara mengenai speaker pintar, tentu menarik untuk diketahui seperti apa pertumbuhannya yang sudah terjadi hingga saat ini.

1. Apa Itu Speaker Pintar?

Speaker pintar adalah sebuah perangkat nirkabel yang beroperasi dengan Voice-Actived Virtual Assistant. Perangkat ini mampu merespons setiap perintah penggunanya hanya melalui suara saja.

Perangkat ini menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk mempelajari pola bicara penggunanya. Semakin banyak suara atau bahasa yang dipelajari, maka asisten pintar di perangkat ini akan menjadi semakin pintar dan akurat dalam mengenali berbagai perintah suara.

Pada umumnya, speaker pintar biasa digunakan untuk hal seperti streaming musik/podcast, mengatur jadwal/alarm, mengendalikan perangkat Smart Home (lampu, pintu, termostat, dan lainnya).

2. Bagaimana Pangsa Pasar Global Speaker Pintar di Tahun 2025?

Menurut Allied Market Research, diperkirakan pangsa pasar perangkat ini akan mencapai $23.3 miliar.

3. Perusahaan Pelopor Pengembang Asisten Pintar untuk Speaker Pintar:

Alexa (Amazon), Siri (Apple), dan Google Assistant (Google)

4. Penggunaan Tertinggi dari Speaker Pintar: