Find Us On Social Media :

Tokopedia, OVO, dan Grab Patungan Rp3 Miliar untuk Lawan COVID-19

By Rafki Fachrizal, Selasa, 24 Maret 2020 | 20:00 WIB

Demi membantu Pemerintah RI dalam memerangi COVID-19, startup Tokopedia, OVO, dan Grab melakukan patungan donasi masing-masing sebesar Rp1 miliar.

Dengan total donasi senilai Rp3 miliar, nantinya akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis.

Dalam melakukan inisiatif ini ketiga perusahaan menggandeng startup crowdfunding (urun dana) Benih Baik yang dipimpinan oleh Andy F. Noya.

Donasi tersebut disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), yang memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Leontinus Alpha Edison, Vice Chairman sekaligus Co-Founder Tokopedia, mengatakakan “Dengan menyumbang dana sebesar Rp1 miliar dari Tokopedia, diharapkan membuka jalur donasi agar masyarakat juga dapat turut berkontribusi.”

Tokopedia di sisi lain juga telah menyumbang lebih dari 150.000 masker mulut untuk TKI yang membutuhkan di Hongkong, seperti ART, pekerja kapal dan buruh migran lain yang rentan namun cenderung tidak punya akses ke produk kesehatan.

“Selain itu, kami juga membuka dua kanal berdonasi demi mengajak masyarakat membantu pengadaan multivitamin, APD standar dan sanitizer untuk tenaga medis, yaitu lewat fitur ‘Bantu Pejuang COVID-19’ dan halaman Checkout Tokopedia,” terang Leontinus.

Sementara itu, Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO, menyatakan, “OVO mencanangkan program #BersatuLawanCorona yang menggarisbawahi komitmen kami untuk secara proaktif dan tanpa henti mencari cara-cara inovatif untuk meringankan dampak COVID-19 di seluruh lapisan masyarakat.”

“Salah satu upaya kami adalah memberikan dukungan dan bantuan berupa dana sebesar Rp 1 miliar melalui Benih Baik, yang akan disalurkan melalui BNPB RI kepada barisan tenaga medis sebagai garda terdepan dalam memerangi pandemi ini. Bantuan berupa alat perlindungan diri seperti masker, pembersih tangan, multivitamin hingga sarung tangan sangat dibutuhkan ketika jumlah pasien terus melonjak,” Karaniya menambahkan.

Selain telah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) sebagai tindakan pencegahan di kantor bagi karyawan, OVO antara lain juga meluncurkan program bantuan untuk merchant termasuk UKM, yakni dengan membagikan 10.000 pembersih tangan (hand sanitizer) di wilayah Jabodetabek dan Bali.

“OVO telah melakukan sosialisasi kepada semua merchant untuk bersikap waspada dan terus menjaga kebersihan usai melakukan transaksi,” ucap Karaniya.

Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia menjelaskan, "Donasi alat perlindungan diri bagi para garda terdepan profesi medis sangat penting untuk menjadi prioritas negara dan GrabHealth powered by GoodDoctor siap mendukung. Dukungan menyeluruh juga diberikan kepada para mitra Grab yang bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia dalam masa penuh tantangan ini.”

Grab Indonesia juga telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta bentuk dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup para Mitra Grab.