Find Us On Social Media :

Sembilan Kiat Efektif dan Poduktif Kerja di Rumah a la Google

By Liana Threestayanti, Rabu, 1 April 2020 | 09:15 WIB

Bekerja dari rumah? Mungkin terdengar mudah. Namun kenyataannya work from home tak seindah yang kita bayangkan. Apalagi bagi yang belum terbiasa. Nah, ada baiknya jika kita menyimak 9 tips dari seorang pakar di Google.

Bekerja dari rumah? Mungkin terdengar mudah. Namun kenyataannya work from home tak seindah yang kita bayangkan. Apalagi bagi yang belum terbiasa. Nah, ada baiknya jika kita menyimak 9 tips dari seorang pakar di Google.

Menggunakan waktu seefisien mungkin dan menerapkan strategi produktivitas adalah dua hal yang disarankan bagi mereka yang bekerja di rumah. Saran itu disampaikan oleh Laura Mae Martin, Executive Productivity Advisor, Google. 

Laura Mae menekankan   bahwa strategi produktivitas menjadi jauh lebih penting karena ketika kita bekerja di rumah, kita tidak memiliki struktur yang biasa dilakukan di kantor sehari-hari, seperti melakukan perjalanan ke kantor, menghadiri rapat, atau menyapa rekan kerja. Ketika ruma menjadi kantor, kita perlu mempelajari rutinitas yang benar-benar baru. 

Berkolaborasi, walau secara fisik tidak berada di tempat yang sama rekan satu tim secara fisik, telah menjadi kebiasaan di Google selama beberapa waktu. Dan faktanya, 39% rapat di Google melibatkan karyawan dari dua kota atau lebih. 

Namun, mungkin hal semacam itu tidak untuk semua orang. Dan banyak orang di seluruh dunia kini berada dalam situasi kerja yang baru. 

Kami mencoba kumpulkan beberapa tips produktivitas terbaik dari Laura Mae Martin—di mana saja Anda bekerja—dan beberapa hal yang ia pelajari tentang cara menyelesaikan semua pekerjaan dari rumah.

1.Tentukan "lokasi" Anda bekerja (dan lokasi yang tidak Anda gunakan untuk bekerja)

Anda bisa menggunakan komputer di meja dapur atau bekerja sambil duduk di sofa. Tetapi ruangan, lokasi, meja, atau kursi yang konsisten yang Anda “gunakan” setiap hari untuk bekerja membantu otak Anda mengaitkan lokasi tersebut dengan penyelesaian pekerjaan. 

Letakkan beberapa barang yang biasanya Anda miliki di meja kerja, seperti foto teman atau keluarga. Gunakan mouse pad yang Anda sukai. Siapkan cemilan favorit Anda di rak kecil. 

Menentukan area yang tidak Anda gunakan untuk bekerja sama pentingnya dengan menciptakan "lokasi kerja" Anda. Contohnya, jangan gunakan komputer di lantai atas atau kamar Anda. Hal ini akan membantu menciptakan jarak mental sehingga Anda bisa merasa selalu rileks meskipun Anda bekerja di rumah.

2.Gunakan Hangouts Meet bak seorang profesional

Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu di video chat. Di Google,  kami menggunakan Hangouts Meet.