Find Us On Social Media :

Yuk! Mengenal Empat Jenis Kamera Smartphone dan Setiap Fungsinya

By Adam Rizal, Sabtu, 4 April 2020 | 16:00 WIB

Kamera Oppo Find X2 Pro

Saat ini inovasi teknologi kamera smartphone berkembang dengan pesat. Bahkan, kualitas gambarnya bisa sejajar dengan kamera-kamera digital yang ada di pasar sekarang.

Sudah banyak smartphone mempunyai kamera mumpuni dengan kemampuan layaknya kamera digital sungguhan.

Anda pun sudah sering mendengar istilah seperti kamera makro, wide, atau yang lainnya. Semua jenis tersebut ternyata memiliki fungsi masing-masing yang dapat menjadi paket lengkap pada smartphone milikmu.

Simak penjelasan jenis kamera smartphone beserta fungsinya berikut ini.

1. Kamera makro

Yang pertama adalah kamera makro. Saat ini sudah banyak smartphone memiliki kamera makro.

Sama seperti fungsi lensa makro pada kamera DSLR, kamera smartphone dengan lensa makro milikmu sangat cocok untuk mengambil objek yang berukuran kecil.

Cara maksimal menggunakan kamera makro adalah dengan memotret objek dari jarak dekat supaya mendapatkan detail fokus yang tinggi. Bila rasio makro yang dimiliki adalah 1:1 maka akan menyebabkan besar gambar sama dengan ukuran asli objek.

2. Kamera wide

Sesuai dengan namanya, kamera wide dapat menunjang pengambilan foto dengan jangkauan sudut yang luas. Dalam satu kali jepret, kamera wide dapat menangkap banyak informasi dari sebuah foto.

Jenis foto yang cocok untuk mengambil gambar dengan kamera wide adalah lanskap. Ditambah dengan sense sebagai fotografer, pengambilan gambar dengan kamera wide dapat dilakukan dengan baik sehingga hasil foto lanskap akan lebih apik dan dramatis.

3. Kamera telephoto