Find Us On Social Media :

Dell Inspiron 15 7567 (7000 series): Bertenaga dan Lebih Terjangkau

By Wisnu Nugroho, Selasa, 24 April 2018 | 20:29 WIB

Dell Inspiron 15 7567

Selain seri Alienware, Dell juga menghadirkan notebook gaming melalui seri Inspiron. Jika Alienware ditawarkan dengan harga tinggi, seri Inspiron Gaming hadir sebagai solusi gaming yang lebih terjangkau. Namun, Inspiron Gaming ini tetap mengutamakan kinerja terbaik. Dell Inspiron 15 7000 Gaming hadir dalam empat varian yang dibedakan menurut spesifikasi yang digunakan. Berdasarkan spesifikasinya, seri 7567 merupakan seri tertinggi di antara varian Inspiron 15 seri 7000 lainnya.

Seri 7567 menggunakan prosesor Intel Core i7-7700HQ yang memiliki base clock 2,8 GHz dan bisa berjalan sampai 3,8 GHz saat Turbo Boost aktif. Seri HQ biasa digunakan pada notebook berkinerja tinggi sehingga tidak heran jika digunakan pada notebook gaming.

Notebook ini menggunakan memori utama berkapasitas 16 GB dan pengguna bisa menambahkannya sampai 32 GB. Namun chip grafis terintegrasinya, Intel HD Graphics 630, mengambil memori lokal dari memori utama. Sebagian dari kapasitas memori utama tersebut akan dipakai oleh grafis terintegrasi ini. Untuk kinerja grafis yang lebih tangguh, ditambahkan chip NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti GDDR5 dengan kapasitas memori lokal empat gigabyte.

Inspiron 7567 menggunakan layar dengan ukuran 15,6 inci yang memiliki resolusi 1.920 x 1.080 pixel (full HD). Layarnya menggunakan panel jenis TN yang tidak sebagus jenis IPS pada beberapa aspek. Salah satu kelemahan panel TN adalah viewing angle yang lebih terbatas dibandingkan IPS. Tampilan akan memudar saat dilihat dari sisi kiri, kanan, atau dari atas. Namun sebagai notebook gaming, hal ini memang tidak terlalu mengganggu mengingat pengguna lebih fokus memainkan game dengan memandang dari depan. Dan lagi penggunaan panel TN lebih terjangkau dibanding menggunakan layar jenis IPS.

Sebagai notebook gaming, kinerja tinggi menjadi ekspektasi penggunanya, terutama dalam menjalankan berbagai game anyar. Untuk pengujian berbasis game, kami menjalankan salah satu game populer yaitu Rise of The Tomb Raider. Saat pertama menjalankan, otomatis grafis terdeteksi pada pilihan preset high dengan resolusi full HD. Hasilnya, game ini mampu meraih frame rate rata-rata secara keseluruhan sebesar 49,81 fps. Kami mencoba mengatur graphics preset ke pilihan very high dan hasil yang dicapai bergeser ke 38,54 fps. Angka ini sudah membuktikan bahwa game tersebut mampu dijalankan dengan cukup baik.

Selain kinerja, kami juga menguji daya tahan baterai. Pertama menggunakan PCMark 8 pada mode Work Accelerated untuk melihat daya tahan baterai dalam kondisi simulasi pekerjaan umum sehari-hari. Kondisi power plan diatur di posisi Balanced. Hasilnya baterai mampu bertahan sampai 6 jam 19 menit.

Sementara cara kedua yaitu menjalankan video dengan format full HD secara terus menerus dan power plan diatur ke High performance. Pada pengujian ini baterai mampu bertahan sampai 4 jam 3 menit. Dari kedua pengujian itu terlihat bahwa daya tahan baterai cukup baik dan mampu bertahan lebih lama dibanding pengujian beberapa notebook gaming sebelumnya.

Backlight

Agar terlihat lebih menarik dan membantu saat dalam kondisi cahaya kurang, pada tombol keyboard terdapat backlight berwarna putih saat notebook sedang aktif.

Ventilasi

Inspiron 7567 memiliki dua lubang untuk ventilasi di sisi belakang pada bagian kiri dan kanan. Posisi ini membuat tangan terhindar dari buangan panas yang ditimbulkannya.

Subwoofer