Find Us On Social Media :

Cara Ajukan Pinjaman di e-Commerce Buat Tambah Modal Usaha Anda

By Rafki Fachrizal, Rabu, 8 April 2020 | 16:15 WIB

Ilustrasi Pinjaman di e-Commerce

Penjualan barang melalui platform e-commerce terus menunjukkan pergerakkan positif. Penelitian Google, Temasek, dan Bain & Company dalam e-Conomy SEA 2019 menunjukkan jumlah orang di Asia Tenggara yang bertransaksi secara online di tahun 2019 sekitar 150 juta orang. Angka ini meningkat 3 kali lipat dibanding tahun 2015.

Di Indonesia, jumlah transaksi melalui e-commerce di tahun 2019 meningkat 88% dibanding tahun 2015, yakni mencapai hampir US$21 miliar. Angka ini pun diprediksi akan terus mengalami peningkatan ke depannya.

Pertumbuhan industri e-commerce tentunya sejalan dengan perkembangan UMKM yang menjual produknya secara online.

Namun dalam memenuhi permintaan pembeli yang terus meningkat, sering kali para pelaku UMKM ini terkendala modal untuk menambah stok barang.

Nah demi menjawab tantangan itu, saat ini beberapa e-commerce di Tanah Air telah menghadirkan layanan pinjaman untuk UMKM atau penjual di dalam platformnya.

Berikut ini adalah beberapa e-commerce tersebut:

A. Modal Toko dan Pinjaman Modal (Tokopedia)

Modal Toko merupakan fasilitas pinjaman dengan limit kredit yang fleksibel serta bisa ditarik kapan pun dan berapa pun sesuai kebutuhan. Dalam meluncurkan layanan ini, Tokopedia menggandeng Modalku, startup yang bergerak di bidang P2P Lending.

Di Modal Toko, plafon yang disediakan mulai dari Rp2 juta-Rp300 juta, dengan Bunga 1,5% per bulan. Tenornya pun hanya terdapat 3 pilihan yakni 3, 6, dan 12 bulan.

Cara pengajuan:

  1. Pastikan aplikasi Tokopedia Anda sudah versi yang terbaru.
  2. Login sebagai akun Seller.
  3. Cari layanan Modal Toko melalui homepage, halaman saldo, dan aplikasi TopSeller.
  4. Klik Saya Tertarik.
  5. Upload foto KTP dan foto diri memegang KTP.
  6. Isi data diri dengan lengkap kemudian klik Ajukan Aktivasi.
  7. Tunggu persetujuan paling lambat 3×24 jam.

Sedangkan untuk layanan Pinjaman Modal, yaitu program kerja sama Tokopedia dengan 12 mitra penyedia pinjaman (seperti Investree dan BFI) yang bertujuan memudahkan Merchant Tokopedia untuk mendapat pinjaman modal bagi pengembangan bisnis.

Plafon yang tersedia di Pinjaman modal mulai dari Rp2 juta-Rp5 miliar. Bunga pinjaman yang dipatok mulai dari 0,39% per bulan dengan tenor yang sudah disepakati sebulumnya.