Find Us On Social Media :

Review Samsung Galaxy Fit: Teman untuk Berbagai Aktivitas Anda

By Cakrawala, Rabu, 8 April 2020 | 19:15 WIB

Penulis: Steven Irwandi

Samsung mencoba mengemas smartband Galaxy Fit dengan lebih sederhana. Hal ini terlihat pada paket penjualannya yang terdiri dari smartband, charger nirkabel, serta beberapa lembar panduan.

Selain itu, kesederhanaannya pun terlihat dari tampilan perangkatnya sendiri. Walaupun unit yang kami uji berwarna putih yang cukup mencolok, keseluruhan tampilannya terlihat sederhana. Hanya ada satu tombol fisik di bagian kirinya.

Tombol fisik tersebut berfungsi untuk menjalankan sebuah fungsi yang bisa diatur melalui aplikasi Galaxy Wear yang umumnya telah tersedia secara default pada ponsel pintar Samsung. Oleh karena itu, smartband ini memiliki kompatibilitas terbaik saat dipasangkan dengan ponsel pintar Samsung, walaupun tetap kompatibel dengan ponsel pintar lain.

Layarnya sendiri menggunakan AMOLED berukuran 0,95 inci dengan resolusi 240 x 120 piksel. Layar berwarna tersebut merupakan layar sentuh sehingga navigasi langsung dilakukan di sana. Tampilan yang dihasilkannya termasuk nyaman dilihat dan memiliki tingkat kecerahan yang sangat baik sekalipun di luar ruangan.

Samsung Galaxy Fit juga telah dilengkapi dengan sensor heart rate yang terpasang di bagian bawah. Selain itu, terdapat beberapa sensor lain seperti accelerometer dan gyroscope. Namun, GPS dan altimeter tidak tersedia.

Ketiadaan GPS dan altimeter membuat penghitungan langkah dan aktivitas tidak seakurat perangkat lain yang dilengkapi dua sensor tersebut. Namun, Galaxy Fit masih mampu mencatat langkah dengan akurat. Meskipun begitu, ketika penulis gunakan, fitness tracker ini bisa salah mendeteksi aktivitas saat bergerak dalam kecepatan tinggi. Selebihnya, untuk berbagai aktivitas lain, ia bisa menjadi teman Anda yang bisa diandalkan.

Samsung Galaxy Fit memiliki layar sentuh AMOLED 0,95 inci serta sebuah tombol fisik untuk melakukan navigasi informasi dan menjalankan beberapa fungsinya.

Galaxy Fit dibekali dengan baterai berkapasitas 120 mAh. Kapasitas baterai tersebut sanggup untuk membuat perangkat ini penulis gunakan sampai sekitar enam hari.

Soal ketangguhan, Anda tak perlu khawatir. Smartband ini telah memiliki sertifikasi militer MIL-STD-810G. Ia pun tahan terhadap air sampai tekanan 5 ATM atau sekitar kedalaman 50 meter.

Kesimpulan

Jika Anda sudah memiliki jam tangan yang baik dan membutuhkan perangkat wearable sebagai penunjang, Samsung Galaxy Fit bisa dijadikan pilihan. Harganya relatif terjangkau serta dibekali dengan beragam sensor dan fitur yang cukup mumpuni untuk mencatat aktivitas Anda.