Find Us On Social Media :

Cara Mendaftar Kartu Prakerja dan Hal Penting yang Perlu Diketahui

By Wisnu Nugroho, Minggu, 12 April 2020 | 15:34 WIB

Anda bisa mendaftar Kartu Prakerja di prakerja.go.id

Pendaftaran kartu Prakerja resmi dibuka. Jika Anda mengunjungi prakerja.go.id, sudah ada menu untuk mendaftar dan mendapatkan Kartu Prakerja.

Sekadar mengingatkan, Kartu Prakerja adalah program peningkatan kompetensi bagi angkatan kerja Indonesia. Peningkatan kompetensi dilakukan dengan memberikan subsidi untuk mengikuti program pelatihan secara online maupun offline. Dengan kata lain, Anda gratis mengikuti program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan Anda.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

1. Registrasi

Langkah pertama adalah melakukan registrasi untuk bisa login ke prakerja.go.id. Caranya cukup dengan memasukkan alamat email dan menentukan password. 

Setelah itu, periksa email Anda untuk mendapatkan email konfirmasi. Lakukan konfirmasi dengan mengklik link yang tersedia, dan Anda pun sudah bisa login ke situs Kartu Prakerja.

2. Masukkan Informasi Diri

Di jendela ini, Anda diminta memasukkan informasi diri, mulai dari nama lengkap, alamat, sampai foto KTP dan selfie

Setelah login, Anda akan diminta memasukkan nomor KTP dan informasi tanggal lahir. Di jendela berikutnya, Anda akan diminta memasukkan informasi diri lebih detail. Informasinya berupa nama lengkap, alamat, pendidikan terakhir, sampai foto foto KTP dan selfie dengan memegang KTP. 

3. Uji Motivasi dan Kemampuan Dasar

Anda akan diminta mengikuti tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang menentukan apakah Anda bisa mengikuti kursus yang Anda pilih

Setelah memasukkan identitas diri, Anda akan memasuki uji minat dan bakat. Di tahapan ini, Anda harus mengisi 18 soal dalam waktu 25 menit. Soal yang diuji berupa pengoperasian matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra. Hasil tes akan menentukan apakah Anda bisa mendapatkan Kartu Prakerja dan fasilitas subsidi untuk mengikuti kursus.