Find Us On Social Media :

Kalah Saing, Samsung Hentikan Fitur Asisten Suara S Voice per 1 Juni

By Adam Rizal, Senin, 13 April 2020 | 11:30 WIB

Samsung S Voice

Samsung akan menghentikan operasi fitur asisten suara S Voice yang telah ada selama hampir satu dekade pada pertengahan tahun ini. Samsung menilai fitur itu tidak mampu bersaing dengan asisten digital Siri milik Apple.

Asisten suara Samsung itu tidak lagi tersedia mulai 1 Juni tahun ini. S Voice yang diperkenalkan pada Galaxy S III tahun 2012 itu diakui lambat berkembang seperti dikutip The Verge.

Fungsinya, Fitur S Voice dapat mengatur jadwal untuk pengingat dan membuat panggilan tetapi tidak dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan cara percakapan.

Hal itu yang membuatnya berbeda dari Apple Siri dan Google Assistant yang memang dirancang untuk melakukannya.

Rencananya, Samsung kemudian menggantikan S Voice dengan Bixby, dimulai dari smartphone seri Galaxy S8.

Menurut Samsung, Galaxy Watch dan Galaxy Active telah menyediakan pembaruan Bixby, dan pembaruan serupa akan diberikan ke Gear S3 dan Gear Sport setelah 1 Juni.

Tombol Bixby

Saat merilis Galaxy S8 tahun 2018 lalu, Samsung memperkenalkan tombol khusus untuk mengaktifkan Bixby, asisten virtual andalan mereka. Sejak saat itu, tombol khusus Bixby ini rutin hadir di perangkat kelas atas Samsung.

Namun sebuah kabar baru menyebutkan calon flagship berikutnya, Galaxy Note 10, tak akan memiliki tombol khusus Bixby ini. Masalah tata letak yang membingungkan menjadi alasan utama Samsung menanggalkan tombol khusus tersebut.

Sekadar mengingatkan, pada Samsung Galaxy S8 Series, tombol Bixby diletakkan di sisi kanan ponsel, berdampingan dengan tombol Power. Posisi ini membuat pengguna sering salah menekan tombol. Niat hati ingin mematikan atau restart perangkat, malah Bixby yang menyapa.

Karena itulah pada Samsung Galaxy S9 Series, tombol Bixby ini diletakkan di sisi kiri, berdampingan dengan tombol Volume. Akan tetapi, posisi ini ternyata juga bermasalah. Banyak pengguna menyebut, posisi yang tepat berseberangan dengan tombol Power membuat tombol Bixby sering tidak sengaja tertekan. 

Gerutuan pengguna semakin nyaring karena Samsung awalnya agak kaku dengan mekanisme tombol Bixby. Fungsi tombol tidak bisa diganti untuk menjalankan aplikasi lain, hanya eksklusif untuk memanggil sang asisten virtual saja.