Find Us On Social Media :

Deretan Kursus Online yang Bisa Dipilih dalam Program Kartu Prakerja

By Rafki Fachrizal, Kamis, 16 April 2020 | 12:30 WIB

Ilustrasi Kursus Online

Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) yang terjadi saat ini, Pemerintah RI meluncurkan program Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Selain itu, program ini juga ditujukan untuk masyarakat yang terkena PHK dari tempat bekerja sebelumnya akibat dampak dari COVID-19.

Program ini dilaksanakan dengan memberikan insentif kepada pesertanya untuk mengikuti program kursus baik secara online maupun offline.

Adapun pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang pertama telah dibuka sejak Sabtu (11/4) lalu hingga Kamis (16/4) hari ini pukul 16.00 WIB.

Untuk mengetahui cara mendaftar Kartu Prakerja, Anda bisa mengklik link di sini.

Lebih lanjut, dalam mengadakan program ini, pemerintah menggandeng Kemnaker dan 7 startup Tanah Air untuk menyediakan kursus secara online dan offline.

Dikutip dari situs prakerja.go.id (16/4), 7 nama startup tersebut yakni Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, MauBelajarApa, Skill Academy, dan Sekolahmu.

Lewat platform yang disediakan Kemnaker dan ke-7 startup itu, masyarakat yang lolos menjadi peserta program ini bisa bebas memilih bidang kursus yang disediakan oleh mitra lembaga kursus dari masing-masing platform tersebut.

Berdasarkan penelusuran InfoKomputer, berikut ini adalah daftar bidang dan mitra lembaga kursus yang tersedia di ke-8 platform itu.