Find Us On Social Media :

Grab dan Good Doctor Berikan Tes Corona Gratis ke Mitra Driver

By Adam Rizal, Jumat, 17 April 2020 | 09:30 WIB

Good Doctor

Grab Indonesia melalui Grab Health powered by Good Doctor melakukan rapid tes dan PCR (Polymerase Chain Reaction) secara gratis untuk mitra pengemudi Grab dan 1.000 tenaga kesehatan.

Grab Health juga memfasilitasi konsultasi gratis dengan dokter, layanan skrining mandiri risiko infeksi awal COVID-19 secara gratis untuk masyarakat luas melalui aplikasi.

Fase pertama program ini dimulai hari ini dengan memberikan rapid test kepada 1.000 tenaga kesehatan serta mitra pengemudi dan pengantaran Grab.

Bagi mereka yang mendapatkan hasil positif melalui rapid test, kemudian akan menjalani pengujian PCR untuk konfirmasi lebih lanjut.

"Mulai hari ini, kami memperluas layanan dalam penyediaan rapid test dan PCR test gratis untuk mereka yang paling membutuhkan, yaitu para tenaga kesehatan di garis depan perjuangan melawan COVID-19, serta mitra pengemudi dan pengantaran Grab yang masih beraktivitas," kata Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana dalam siaran resminya.

Layanan gratis ini dimulai sejak 15-30 April, terbuka untuk seluruh mitra pengemudi Grab dan tenaga kesehatan di area Jakarta.

Sebelum melakukan tes, tenaga kesehatan dan mitra pengemudi dapat masuk ke aplikasi Grab dan mengakses layanan GrabHealth untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor di jam yang telah ditentukan.

Danu mengatakan konsultasi ini penting sebagai skrining menentukan tingkat risiko COVID-19. Hanya mereka yang berisiko sedang atau tinggi yang dapat mengikuti program rapid dan PCR test gratis ini.

"Seluruh biaya pengadaan alat dan pelaksanaan rapid test dan PCR test ditanggung sepenuhnya oleh Grab, Good Doctor dan SBC (Solidaritas Berantas COVID-19).

Penyelenggaraan rapid test dilakukan secara drive-through, sehingga tenaga kesehatan maupun mitra pengemudi Grab yang akan mengikuti tes diharuskan untuk datang ke lokasi dengan menggunakan kendaraan, seperti motor atau mobil," katanya.

Sedangkan untuk PCR test akan dilakukan dengan sistem walk-in atau datang langsung ke rumah sakit yang telah ditentukan. Grab Health juga memastikan semua tahap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan arahan pemerintah untuk menjaga jarak fisik (physical distancing).

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan keamanan dan kesehatan selalu menjadi prioritas utama Grab dan kini menjadi jauh lebih penting dibanding sebelumnya. Pelaksanaan rapid test dan PCR test ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan Grab Indonesia demi melindungi kesehatan dan keamanan mereka.