Find Us On Social Media :

Intra, Aplikasi Android yang Efektif Menembus Situs yang Diblokir

By Wisnu Nugroho, Sabtu, 18 April 2020 | 14:07 WIB

Aplikasi Intra yang dapat digunakan untuk menembus situs yang diblokir

Anda kesulitan menembus situs yang diblokir? Coba gunakan Intra, aplikasi DNS resolver buatan Jigsaw. Jigsaw sendiri adalah salah satu unit bisnis Alphabet, perusahaan induk Google. 

Secara fungsi, Intra pada dasarnya adalah aplikasi DNS resolver yang melindungi pengguna saat mengakses DNS; mirip seperti aplikasi 1.1.1.1 yang pernah kami bahas di sini

Agar lebih jelas, mari kita sejenak melihat latar belakang tentang DNS (Domain Name System). Di era 80-an sebelum konsep DNS diperkenalkan, komputer yang terhubung ke internet diidentifikasi lewat nomor khusus yang disebut IP Address. Jadi, konsepnya mirip seperti nomor telepon yang digunakan saat ini.

Ketika jumlah komputer yang terhubung ke internet masih sedikit, identifikasi komputer berdasarkan nomor IP Address ini masih masuk akal. Namun ketika semakin banyak komputer terhubung ke internet, alamat komputer berdasarkan deretan angka menjadi sangat sulit untuk diingat. 

Karena itu, peneliti dari MIT mencari pendekatan berbeda. Mereka menemukan, orang lebih mudah mengingat deretan kata dibanding deretan angka. Dari situlah mulai diperkenalkan konsep alamat sebuah komputer di internet berdasarkan kata dan bukan angka.

Jadi ketika Anda mengetikkan “infokomputer.grid.id”, browser mengetahui jika yang dituju adalah komputer tempat situs kami berada (yang memiliki IP Address 52.221.14.126).