Find Us On Social Media :

Asus Zenfone Zoom S: Kemampuan Kamera dengan Zoom Optical dan Digital

By Dayu Akbar, Senin, 30 April 2018 | 10:47 WIB

Setelah tren selfie, kamera ganda menjadi fitur unggulan utama beberapa merek smartphone saat ini. Masing-masing mengedepankan fitur yang berbeda dengan memanfaatkan keunggulan penggunaan kamera ganda tersebut. Namun kali ini Asus menawarkan hal yang sedikit berbeda.

Asus Zenfone Zoom S mengedepankan kemampuan kamera utama yang kali ini fokus pada kemampuan zoom secara digital maupun optical. Ini dimungkinkan dengan hadirnya dua kamera utama. Kamera pertama menggunakan lensa 25 mm didukung aperture f/1,7, sedangkan kamera kedua memiliki lensa 59 mm dengan aperture f/2,6. Kedua kamera tersebut memiliki resolusi yang sama yaitu dua belas megapixel.

Kombinasi kedua kamera tersebut mampu menghasilkan pembesaran sampai 12x. Penggunaan fitur zoom ini sudah disediakan secara langsung melalui aplikasi kamera default. Pilihan zoom ini sendiri tersedia pada aplikasi kamera utama dan Anda tinggal menekan tombol dari zoom tersebut. Tersedia pilihan untuk zoom sebesar 1x (standar), 2,3x (optical zoom), dan 5,0x (hybrid zoom).

Untuk hasilnya sendiri terlihat optical zoom mampu menghasilkan gambar yang tajam. Untuk pilihan hybrid zoom sebesar 5x, Anda masih bisa mendapatkan gambar dengan jelas meski tingkat ketajamannya berkurang. Jika ingin lebih dekat lagi, Anda bisa menyapu jari ke arah yang menjauh untuk mendapatkan zoom sampai 12x. Namun pada tingkatan ini gambar cenderung buram dan memiliki efek guncangan yang besar.

Kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh juga menjadi nilai jual yang ditawarkannya. Meski memiliki baterai dengan kapasitas besar, Asus mampu mendesain agar smartphone ini tetap memiliki bobot yang ringan serta ketebalan yang hanya sebesar 7,99 mm. Dengan kapasitas tersebut, pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk mengisi ulang perangkat lain menggunakan konverter yang tersedia dalam paket.

Dari sisi spesifikasi, Asus Zenfone Zoom S yang kami uji mirip dengan Lenovo P2 Turbo. Tidak heran jika kinerjanya tidak terpaut jauh. Khusus untuk baterai, meski kapasitasnya hanya lebih kecil 100 mAh dibanding Lenovo P2 Turbo, tetapi selisih daya tahannya tertinggal cukup jauh. Meskipun begitu, untuk penggunaan sehari-hari dengan koneksi internet aktif, Zenfone Zoom S bisa menemani seharian penuh.

Kamera GandaAsus Zenfone Zoom S memiliki dua kamera utama. Kamera pertama menggunakan lensa 25 mm didukung aperture f/1,7 dan kamera kedua memiliki lensa 59 mm dengan aperture f/2,6.

Type-CUntuk proses pengisian baterai serta transfer data, smartphone ini menggunakan port USB Type-C yang posisinya diapit oleh speaker serta jack audio 3,5 mm.