Find Us On Social Media :

Asustor AS6102T: Kinerja Tinggi plus Fitur Multimedia

By Administrator, Senin, 30 April 2018 | 11:54 WIB

Kebutuhan perangkat penyimpanan berukuran besar juga mulai dibutuhkan oleh keluarga, terutama bagi keluarga yang menggunakan banyak gadget dan meyimpan berbagai file seperti foto, video, dan aneka file lainnya dalam ukuran yang besar dan jumlah yang banyak. Untuk menampung dan mengamankan seluruh foto dan video berharga tersebut, perangkat NAS (network attached storage) seperti Asustor AS6102T ini bisa dijadikan pilihan karena menawarkan dukungan kapasitas simpan yang besar, serta dilengkapi dengan beragam fitur.

NAS Asustor AS6102T memang sepertinya ditujukan untuk penggunaan di rumah atau kantor skala kecil sampai menengah. Fungsi untuk menikmati berbagai konten multimedia juga sepertinya menjadi salah satu fitur utama pada NAS ini. Anda bisa langsung menghubungkan NAS ini ke televisi atau monitor melalui port HDMI yang ada di bagian belakangnya dan memfungsikannya seperti sebuah perangkat media player. Aplikasi Kodi pun sudah tersedia langsung di dalamnya untuk menjalankan berbagai jenis file multimedia.

Tampilan NAS ini rasanya mirip dengan beberapa NAS Asustor lain yang juga pernah kami uji sebelumnya. Di bagian depannya terdapat dua bay hard disk tanpa kunci pengaman yang bisa langsung Anda akses untuk memasang hard disk. Lalu ada juga sebuah port USB 3.0 di bagian depan yang diletakkan bersama dengan sebuah tombol backup instan. Jadi, Anda tinggal memasangkan media simpan yang ingin Anda backup ke NAS ini, lalu tekan tombol tersebut untuk melakukan backup secara otomatis.

Membuka tempat penyimpanan hard disk terbilang sangat mudah, cukup dengan menekan tombol di bagian bawah. Namun sayangnya pemasangan hard disk-nya masih membutuhkan baut serta obeng alias belum toolless. Untuk memasang tempat penyimpanan itu kembali, Anda cukup memasukkannya kembali, lalu menekan plastik penguncinya.

Walaupun diposisikan untuk penggunaan di rumah atau kantor skala kecil sampai menengah, tetapi NAS in juga siap untuk digunakan pada jaringan dengan skala lebih besar. Asustor AS6102T memiliki dua port LAN yang keduanya mendukung gigabitPort LAN ini juga mendukung link aggregation dalam beberapa mode yang bisa dipilih pada panel kontrolnya.

Selain itu, terdapat juga 2 port USB 2.0 dan 2 port USB 3.0 yang bisa digunakan untuk memasangkan media simpan eksternal, keyboard dan mouse untuk fungsi media player, sampai wireless adapter jika Anda ingin menghubungkan NAS ini ke jaringan secara nirkabel. Selain itu juga masih ada dua port eSATA, serta port HDMI dan SPDIF.

Asustor AS6102T menggunakan prosesor Intel Celeron berkecepatan 1,6 GHz dengan memori utama 2 GB. Anda pun bisa meningkatkan kapasitas memori utamanya sampai delapan gigabytekarena NAS ini memiliki dua selot SO-DIMM DDR3L di dalamnya.

Secara umum, kinerja Asustor AS6102T terbilang responsif. Proses booting awal sampai perangkat siap digunakan juga selesai di bawah tiga menit. Selain itu, proses konfigurasi RAID-nya juga terbilang mudah dan cepat.

Kinerja transfer data pada NAS ini juga terbilang baik, walau bukan yang terkencang. Asustor AS6102T mampu memberikan kecepatan baca tulis yang memadai untuk target penggunaannya, yaitu di rumah dan kantor skala kecil sampai menengah. Mengaktifkan fungsi link aggregation juga dapat sedikit membantu mengurangi hambatan saat lalu lintas jaringan sedang sibuk. Kami menjajal NAS ini menggunakan dua unit hard disk dalam konfigurasi JBOD, RAID 0, dan RAID 1. Hasil uji selengkapnya bisa Anda lihat pada tabel hasil pengujian.

Seperti biasa, antarmuka Asustor Data Master yang ada pada NAS ini terasa mudah digunakan. Antarmukanya juga responsif. Lalu, Anda pun bisa menambahkan berbagai aplikasi seperti download centerweb servermedia center, dan beberapa aplikasi lainnya pada App Center untuk menambah fungsi NAS ini selain sebagai media simpan.

Dua Hard DiskAsustor AS6102T ini mampu menampung dua unit hard disk berukuran 2,5 inci maupun 3,5 inci.