Find Us On Social Media :

CEO Ruangguru Belva Devara Resmi Mundur dari Stafsus Presiden Jokowi

By Rafki Fachrizal, Selasa, 21 April 2020 | 20:33 WIB

Adamas Belva Syah Devara (CEO Ruangguru)

Adamas Belva Syah Devara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengunduran tersebut disampaikan Belva melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @belvadevara, Selasa (21/4).

Diunggahan tersebut tertulis bahwa pengunduran diri telah Belva sampaikan dalam bentuk surat kepada Presiden Jokowi pada tanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020.

Belva mengungkapkan bahwa keputusan tersebut ia ambil karena dirinya tidak ingin polemik berkepanjangan terkait penunjukkan perusahaan rintisannya (startup) Ruangguru sebagai mitra dalam Program Kartu Prakerja.

Untuk selengkapnya, berikut isi surat terbuka Belva terkait pengunduran diri dari jabatannya tersebut.

Surat Terbuka Belva Devara, CEO Ruangguru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Salam sejahtera untuk kita semua.

Semoga di masa pandemi ini kita diberikan kesehatan dan kekuatan dari Allah yang Maha Penyayang.

Berikut ini saya sampaikan informasi terkait pengunduran diri saya sebagai Staf Khusus Presiden. Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja (PMO), proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan tidak ada keterlibatan yang memunculkan konflik kepentingan. Pemilihan pun dilakukan langsung oleh peserta pemegang Kartu Prakerja.

Namun, saya mengambil keputusan yang berat ini karena saya tidak ingin polemik mengenai asumsi/persepsi publik yang bervariasi tentang posisi saya sebagai Staf Khusus Presiden menjadi berkepanjangan, yang dapat mengakibatkan terpecahnya konsentrasi Bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan dalam menghadapi masalah pandemi COVID-19.

Saya berterima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memahami dan menerima pengunduran diri saya.