Instagram untuk pertama kalinya meluncurkan AR Filter Ramadan di Indonesia bertema “Rayakan di Instagram” sebagai bagian dari kampanye #MonthOfGood.
AR Filter Ramadan yang telah tersedia sejak kemarin pertama ini merupakan hasil kerja sama Instagram dengan kreator lokal muda Noorman Fakhrizal (@karetsatu). Ada dua AR Filter Ramadan yang diciptakan oleh @karetsatu. Melalui peluncuran AR Filter ini, Instagram ingin mengajak para pengguna untuk tetap bisa mengekspresikan diri, berbagi kebaikan, bersilaturahmi secara virtual dan menjalankan tradisi Ramadan dengan cara yang mudah dan menyenangkan.
Untuk menggunakan AR Filter Ramadan pertama Instagram ini, para pengguna dapat melakukan beberapa langkah berikut:
- Kunjungi profil @karetsatu dan tekan ikon “Smiley”
- Cari filter RAYAkandiInstagram 1 dan RAYAkandiInstagram 2
- Tekan “Try It” untuk mencoba kedua filter tersebut
- Pastikan Anda menyimpan kedua AR Filter tersebut di galeri kamera Instagram Stories sehingga Anda dapat menggunakannya kembali di lain kesempatan dengan mudah.
Ramadan Di Rumah Saja
AR Filter Ramadan merupakan bagian dari kampanye #MonthofGood atau #BulanPenuhKebaikan. Kampanye ini diluncurkan Instagram dalam rangka membantu pengguna tetap dapat menjalankan tradisi Ramadan meskipun mereka harus berada di rumah saja.
Melalui kampanye #MonthofGood ini, Instagram mengajak seluruh pengguna Instagram termasuk pengguna di Indonesia untuk mengingat hal-hal yang baik dan berbagi kebaikan dengan orang dan kerabat terdekat mereka di Instagram.
“Data internal Instagram menunjukkan bahwa penggunaan kata “donasi” di Indonesia telah meningkat hingga 300 persen selama sebulan terakhir menjelang bulan suci Ramadan tahun ini. Hal inilah yang menjadi salah satu inspirasi kami untuk meluncurkan kampanye #MonthOfGood tahun ini. Kami ingin mendorong pengguna semakin gencar berbagi konten kebaikan yang bersifat gotong-royong dan kolaborasi terutama di tengah pandemi seperti ini,” ujar Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik.
Ide Ngabuburit, Dorong Strategi Promosi
Selain peluncuran AR Filter Ramadan, kampanye #MonthOfGood juga diisi dengan berbagai aktivitas.
Salah satunya adalah serangkaian sesi Instagram Live bertajuk “Ngabuburit di Instagram” bersama dengan para selebriti dan content creator tanah air selama tujuh hari berturut-turut dimulai dari tanggal 27 April hingga 3 Mei 2020.
Dalam program ini, para selebriti akan membagikan berbagai ide kegiatan ngabuburit seru selama #dirumahaja, seperti kegiatan memasak, musik, olahraga hingga make-up. Lebih dari sekedar berbagi inspirasi kegiatan ngabuburit, para selebriti tersebut juga akan mengajak para penonton untuk berdonasi membantu masyarakat kecil yang terdampak COVID-19.
Dalam menyambut bulan Ramadan, Instagram juga melihat adanya peluang yang besar bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka di Instagram.
Berdasarkan data internal Instagram, hashtag terkait persiapan Hari Raya Idul Fitri yang paling banyak dicari oleh pengguna Indonesia saat ini; antara lain #lebaran, #gamis, #dirumahaja, #hijab, #bajulebaran, #syari, #mukenacantik, #bajumuslim, #alwahijab, #bajumurah.
“Bulan Ramadan juga menjadi momen yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk tetap bisa bertumbuh dan menjaga kelangsungan bisnis mereka di tengah masa sulit seperti ini. Data-data hashtag ini dapat berguna bagi para pelaku bisnis saat membuat strategi promosi menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang,” tambah Putri.