Find Us On Social Media :

Review Acer ConceptD 7: Notebook Berlayar Paten untuk Kreator Konten

By Dayu Akbar, Jumat, 1 Mei 2020 | 18:45 WIB

Acer ConceptD 7

Acer punya beberapa lini notebook yang disesuaikan dengan segmen yang dituju. Misalnya saja seri Predator untuk pemain gim, seri Swift untuk yang mencari perangkat tipis dan ringan, atau Aspire untuk kebutuhan komputasi yang lebih sederhana. Selain itu, Acer juga meluncurkan lini baru melalui seri ConceptD yang ditujukan untuk profesional atau para kreator konten seperti foto/videografer sampai arsitek. Salah satunya adalah Acer ConceptD 7 (CN715-71-708A).

Tidak heran, layar jadi salah satu fitur yang punya spesifikasi keren. Memiliki ukuran 15,6 inci, resolusi yang diusung Acer ConceptD 7 adalah 3.840 x 2.160 piksel atau yang populer disebut 4K. Panelnya menggunakan jenis IPS yang punya color gamut 99% NTSC, 100% sRGB%, dan 100% Adobe RGB, serta punya sertifikasi Pantone dan delta E yang kurang dari 2. Ini artinya akurasi warna sudah tidak perlu diragukan lagi.

Karena bukan ditujukan untuk pemain gim, refresh rate 60 Hz sudah cukup mumpuni untuk Acer ConceptD 7. Bezel-nya pun tipis dengan rasio layar terhadap bodi sebesar 81%. Meski demikian, Acer masih bisa menempatkan webcam di bagian bezel atas.

Tanpa area numpad, kibornya dilengkapi backlight berwarna jingga pada tiap tombol dan punya empat tingkat kecerahan.

Seri ConceptD punya desain dengan konsep modern dan elegan. Acer ConceptD 7 dibalut dengan bodi warna putih susu, lapisannya sudah dibuat agar tidak mudah kotor. Dimensinya juga dibuat tipis agar mudah dibawa-bawa untuk yang sering bekerja di luar kantor. Ketebalannya hanya 1,79 cm dengan bobot sekitar 2,1 kg.

Meski dimensinya tipis, notebook ini menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 Max-Q. Untuk performa tinggi, prosesor Acer ConceptD 7 menggunakan Intel Core i7-9750H yang merupakan keluarga Intel Core Generasi ke-9 yang punya 6 core dan 12 thread.

Sebagai penunjang performa, memori utama yang terpasang pada Acer ConceptD 7 adalah 16 GB DDR4-2666. Begitu pula dengan media simpan yang menggunakan dua unit SSD PCI-Express dengan konfigurasi RAID 0. Hal itu menjadikan kecepatan baca dan tulisnya lebih kencang.

Untuk meminimalisir suhu panas terutama saat berbeban penuh, tidak hanya disediakan lubang udara di sisi kiri kanan dan belakang, melainkan juga kipas besar di bagian dalam.

Dengan kombinasi tersebut, secara teori performa Acer ConceptD 7 bakal kencang. Setelah melakukan pengujian, hasilnya memang cukup tinggi. Berdasarkan pantauan, saat prosesor dalam kondisi berbeban penuh, frekuensi kerja prosesor berada di kisaran 3,1 GHz. Hal itu cukup baik karena Intel Core i7-9750H punya base clock 2,6 GHz; performanya di atas base clock tersebut.