Find Us On Social Media :

Nih, Fitur-fitur Baru Microsoft Teams yang Sudah Mulai Tersedia

By Liana Threestayanti, Jumat, 1 Mei 2020 | 10:45 WIB

Microsoft memperkenalkan sejumlah fitur baru pada Microsoft Teams.

Microsoft memperkenalkan sejumlah fitur baru pada Microsoft Teams.

Seiring penerapan bekerja dan belajar dari rumah guna mendukung aturan pembatasan sosial, karantina ataupun lockdown yang diberlakukan di banyak negara, software dan tool untuk rapat virtual pun kian penting bagi banyak organisasi. Para vendor pun berlomba-lomba meningkatkan kemampuan software dan tool video conference-nya.   

Hari ini Microsoft memperkenalkan fitur-fitur baru pada Microsoft Teams yang akan segera dapat dinikmati penggunanya. 

Penambahan jumlah simultaneous videos 

Percakapan tatap muka virtual adalah the new normal dalam pola kerja jarak jauh. Bahkan kemampuan ini kian penting karena dapat menciptakan rasa terkoneksi dengan kolega, mitra Anda saat rapat virtual. Dan Microsoft menambah jumlah peserta yang dapat dilihat secara bersamaan di meeting stage dari 4 menjadi 9 peserta. Teams akan menempatkan peserta yang mengaktifkan videonya di meeting stage. Sedangkan peserta yang mengaktifkan hanya audio akan ditaruh di bawah meeting stage. 

Untuk menghadirkan pengalaman audio dan video yang berkualitas tinggi, layout Teams akan menyesuaikan, berdasarkan bandwidth user. Teams juga akan mengganti jumlah video yang ditampilkan agar pengguna memperoleh pengalaman rapat virtual yang lebih baik. Fitur ini sudah bisa dinikmati pengguna secara bertahap. Microsoft menjanjikan fitur ini bisa dinikmati seluruh pengguna Teams dalam waktu sekitar dua minggu.  

Fitur Raise Hands

Fitur baru ini memungkinkan peserta rapat "mengangkat tangan" jika ia ingin bicara. Fitur ini akan memudahkan peserta berpartisipasi aktif dalam rapat yang diikuti banyak peserta. Setiap peserta dapat melihat secara visual ketika ada peserta lain yang ingin bicara. Daftar peserta (participant list) juga akan memprioritaskan siapa yang "mengangkat tangan" lebih dulu. Microsoft menjanjikan fitur ini tersedia awal minggu depan.  

Efek latar belakang

Microsoft mengembangkan fitur video background yang diburamkan. Fitur ini memungkinkan peserta rapat mengganti video background-nya dengan gambar (image) yang sudah disediakan. Fitur ini sudah tersedia secara umum tapi Microsoft berjanji akan terus meningkatkannya dan memungkinkan pengguna mengunggah gambar miliknya sebagai latar belakang, yang diperkirakan tersedia pada pertengahan bulan Mei. 

Latar belakang buram untuk  Blur iOS

Akhirnya, fitur yang kerap dimanfaatkan pengguna Teams di perangkat desktop ini dihadirkan Microsoft pada iPhone dan iPad. Live captions pada  iOS dan Android