Find Us On Social Media :

Huawei Mengaku Ubah Strategi Bisnisnya untuk Pasar Indonesia

By Adam Rizal, Selasa, 5 Mei 2020 | 16:00 WIB

Laptop Huawei Matebook X Pro

Huawei resmi merilis laptop pertama di Indonesia, MateBook X Pro, dengan harga Rp31 juta.

Huawei pun mengaku mengubah strategi untuk menghadirkan perangkatnya di pasar Indonesia.

"Strategi Huawei ini awalnya kita mengikuti pola pasar Indonesia tetapi kita melihat itu kurang cocok dengan Huawei, sehingga kita mulai dengan top-down strategy, dimulai dari produk premium," ujar Deputy Country Head Huawei Consumer Business Group Indonesia, Lo Khing Seng.

Khing Seng menjelaskan, untuk dapat mengikuti pasar Indonesia yang kebanyakan di entry level justru membutuhkan investasi yang besar. Sementara, menurut dia, Huawei sangat kuat di inovasi dan jaringan.

"Saat ini memfokuskan kembali produk kita ke produk premium dengan menjual ekosistem," kata King Seng.

Menurut Khing Seng, Huawei memiliki keunggulan di bidang inovasi produk yang dimanfaatkan untuk menarik sejumlah konsumen yang memang lebih paham teknologi dan memiliki daya beli.

Dari situ, dia melihat semakin banyak yang mengenal produk Huawei dengan inovasinya, sehingga kepercayaan konsumen terhadap Huawei akan terbangun.

Baca Juga: Pakar Menjawab Pertanyaan Seputar Keamanan Aplikasi Contact Tracing

Kemudian, secara bertahap, Khing Seng mengatakan Huawei akan menuju ke segmen pasar menengah dan entry-level.

"Entry-level kita akan masuk tapi bukan sekarang saatnya," kata Khing Seng, mengacu pada pertanyaan apakah Huawei akan menghadirkan laptop dengan harga lebih terjangkau.

Selain MateBook X Pro, Huawei juga membawa MateBook D14 dengan harga lebih murah, Rp11,5 juta.

Selain laptop, Huawei juga meluncurkan tablet, MatePad Pro, yang melengkapi ekosistem perangkat Huawei yang telah ada sebelumnya di Indonesia, mulai dari smartphone, wearable hingga smartwatch.