Find Us On Social Media :

Inilah Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business, Mudah dan Efektif

By Adam Rizal, Jumat, 8 Mei 2020 | 15:30 WIB

WhatsApp Business untuk iOS Resmi Hadir di Indonesia, Ini Fungsinya

WhatsApp memberikan layanan khusus untuk perusahaan atau pengusaha, yaitu WhatsApp Business.

Melalui WhatsApp Business, Anda bisa mengembangkan dan mempromosikan bisnis Anda melalui aplikasi pesan singkat tersebut. WhatsApp Business memungkinan perusahaan atau pengusaha untuk bisa terhubung langsung dengan para konsumennya, termasuk memberikan informasi, diskon, atau promo.

Kali ini berikut tutorial cara menggunakan WhatsApp Business.

1. Unduh Aplikasi

Unduh aplikasi WhatsApp Business Web yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Setelah mengunduh, Anda akan diminta untuk mengklik tulisan setuju dan lanjutkan atau agree and continue.

2. Masukkan Nomor Telepon

Masukkan nomor telepon ketika membuat Akun. Terdapat pilihan apakah Anda ingin menggunakan nomor telepon di WhatsApp reguler atau nomor baru.

Kalau menggunakan nomor telepon WhatsApp Reguler, maka Anda akan otomatis keluar dari WhatsApp reguler. Selanjutnya Anda akan mendapat kode verifikasi dan Anda akan mendapatkan akun

3. Lengkapi Profil

Anda dapat melengkapi profil akun WhatsApp Business seperti foto dan nama bisnis. Selain itu Anda juga dapat memasukan katalog produk yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen.

Caranya ketuk ikon tanda tambah biru atau Tambah ke Katalog. Kemudian unggah foto-foto produk yang ingin Anda pajang. Jangan lupa berikan nama produk atau layanan dan simpan.

Selain katalog, Anda juga bisa melengkapi profil Anda. Anda dapat masukkan deskripsi mengenai bisnis Anda, alamat toko, jam kerja, alamat email dan website bisnis. Caranya dengan menekan tombol tiga titik yang berada di sudut kanan atas.

Kemudian pilih “Setelan” dan pilih “Setelan Bisnis.” Kemudian pilih “Profil Bisnis” dan Anda dapat menambahkan deskripsi sampai website bisnis Anda. Terdapat beberapa fitur dari WhatsApp yang bisa Anda gunakan.

Pertama fitur statistik. Melalui fitur tersebut Anda bisa melihat jumlah pesan yang terkirim dan terbaca oleh konsumen.

Kedua fitur Pesan di Luar Jam Kerja. Melalui fitur ini Anda bisa membalas pesan secara otomatis ketika Anda tidak sedang menggunakan akun WhatsApp Business.

Ketiga adalah Salam. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memberikan pesan secara otomatis terhadap konsumen. Fitur tersebut bisa menjadi media untuk melakukan promosi produk.

Fitur terakhir adalah Balas Cepat. Fitur ini dapat membantu ketika ingin membalas pesan dengan cepat dan otomatis.

Anda dapat menggunakan balas cepat untuk pesan teks atau media, seperti GIF, gambar, dan video.