Find Us On Social Media :

Grab dan Kemenparekraf Hadirkan Armada Khusus Bagi Garda Terdepan

By Liana Threestayanti, Jumat, 8 Mei 2020 | 14:30 WIB

Bersama Kemenparekraf RI, Grab Indonesia akan menyediakan layanan armada roda empat khusus untuk tenaga kesehatan.

Bersama  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Grab Indonesia akan menyediakan layanan armada roda empat khusus untuk tenaga kesehatan. 

Armada khusus ini akan mengantar 73 tenaga kesehatan bepergian antara Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo (RSAL Mintoharjo) dan Le Meridien Hotel. 

Sejak awal pandemi, Kemenparekraf telah menetapkan beberapa hotel sebagai tempat akomodasi bagi tenaga kesehatan, untuk memastikan mereka memiliki tempat beristirahat yang nyaman dan dekat dengan rumah sakit mereka. Di sisi lain, hal ini juga bertujuan untuk mendukung bisnis hotel. 

Armada khusus ini akan menghadirkan layanan yang aman dan nyaman untuk menuju tempat bertugas. Grab juga akan terus memperluas armada khusus ini ke berbagai rumah sakit rujukan untuk mendukung pemerintah dalam menangani COVID-19.

Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia, menyatakan, “Saat ini pemerintah tengah masuk masa tanggap darurat dan penanganan serta pencegahan penyebaran virus ini menjadi fokus utama dari pemerintah. Kami telah menunjuk beberapa hotel sebagai tempat menginap bagi tenaga kesehatan, yang harapannya bisa memberi dukungan dan kemudahan bagi mereka untuk bekerja di Rumah Sakit Rujukan COVID-19 serta memberi dukungan bagi bisnis hotel. Kami sangat senang bahwa Grab juga turut berpartisipasi untuk menyediakan moda transportasi khusus yang menjamin kebersihan dan keselamatan penumpang dan juga mitra pengemudi.  Kami yakin kolaborasi ini dapat memberikan rasa aman bagi mobilitas tenaga kesehatan maupun masyarakat yang membutuhkan di masa pandemi ini serta kedepannya mendukung industri pariwisata Indonesia untuk bangkit kembali.”

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, menyatakan, “Kita semua berjuang untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di Indonesia dengan peran kita masing-masing. Sementara sebagian besar dari kita tinggal di rumah, kita tahu bahwa masih banyak masyarakat yang memiliki tugas dan tanggung jawab di luar rumah, termasuk para tenaga kesehatan. Untuk memastikan mobilitas yang aman selama masa PSBB, kami telah menghadirkan armada roda empat khusus dengan standar keamanan terpadu dan kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk membantu mobilitas para tenaga kesehatan dalam beristirahat setelah bertugas dalam menangani pasien COVID-19. Sejalan dengan misi GrabForGood untuk membawa dampak positif dari teknologi, kami juga siap untuk bisa mendukung industri pariwisata bangkit.” 

Armada khusus ini tentunya dilengkapi lima perlindungan ekstra bagi garda terdepan: 

1.Kapasitas maksimal 3 penumpang untuk jaga jarak aman.

2.Partisi plastik untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

3.Mitra pengemudi mendapat pelatihan SOP khusus terkait pencegahan penyebaran COVID-19.

4.Mitra pengemudi dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (masker, sarung tangan dan hand sanitizers).

5.Penyemprotan desinfektan pada mobil secara berkala (sebelum dan sesudah mengantarkan penumpang).