Find Us On Social Media :

Fitur Enkripsi 'end-to-end' Zoom Hanya untuk Pelanggan Berbayar

By Adam Rizal, Minggu, 10 Mei 2020 | 15:30 WIB

Ilustrasi keamanan Zoom

Zoom akan menawarkan mode enkripsi ujung ke ujung (end-to-end) untuk layanan video telekonferensi tetapi layanan itu terbatas untuk pelanggan berbayar.

"Zoom akan menawarkan mode rapat terenkripsi ujung ke ujung ke semua akun berbayar," ujar Zoom, dikutip dari postingan blog seperti dikutip Phone Arena

Paket berlangganan Zoom dimulai dengan harga 14,99 dolar AS atau sekitar Rp224 ribu per bulan. Namun, rapat terenkripsi ujung ke ujung tidak akan mendukung perekaman cloud.

Pengguna Zoom Rooms akan dapat menghadiri pertemuan tersebut tetapi dengan izin yang telah diberikan oleh admin rapat. Admin juga akan mengontrol kunci enkripsi untuk pertemuan tertentu.

Mode pertemuan enkripsi ujung ke ujung akan memberikan keamanan yang setara atau bahkan lebih baik daripada yang ditawarkan aplikasi pesan lain, namun menurut laporan akan menghemat kualitas dan skala video dikarenakan pengguna Zoom yang terus bertambah.

Dalam upayanya memperbaiki sistem keamanan, Zoom membeli startup pesan terenkripsi Keybase.

Zoom membeli Keybase, layanan pengiriman pesan dan file yang aman, guna mencari ahli teknis untuk memberikan enkripsi yang lebih kuat pada platform konferensi tersebut.

Tujuh Fitur Baru

Layanan konferensi video populer, Zoom telah memperbarui layanan mereka dengan meluncurkan versi Zoom 5.0. Perusahaan menambahkan dukungan enkripsi ACM 256-bit GCM.

Menurut Chief Product Officer Zoom, Oded Gal, enkripsi AES 256-bit GCM diklaim dapat meningkatkan keamanan data pengguna mereka.

"Di back-end, enkripsi AES 256-bit GCM akan meningkatkan standar untuk mengamankan data pengguna kami dalam prosesnya," tulis Gal seperti dikutip keterangan rilis.

"Di front-end, saya paling suka dengan ikon Keamanan di bagian menu meeting. Ini menggabungkan fitur keamanan kami yang sudah ada dan yang baru serta menjadikan fokus utama keamanan bagi pengguna sebagai host," lanjut dia.