Find Us On Social Media :

Jokowi Minta Warga Mudik Digital, Ini Daftar Aplikasi Gratisnya

By Adam Rizal, Selasa, 12 Mei 2020 | 16:15 WIB

Ilustrasi Aplikasi Zoom

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak mudik ke kampung halaman untuk memutus penyebaran virus corona Covid-19.

Sebagai gantinya, Jokowi menyarankan masyarakat mudik digital, bersilaturahmi dengan keluarga lewat aplikasi.

Jokowi melihat perayaan lebaran pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, mengingat masyarakat seluruh dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19.

Karena itu, Jokowi menekankan cara paling bijaksana adalah tidak melakukan perjalanan mudik untuk melindungi keluarga di kampung halaman.

"Dengan bersabar dan menahan rindu di perantauan, kita telah mengambil peran dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini," ujar Jokowi di berbagai akun media sosial milik kepala negara seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Lantas, apa yang dimaksud dengan mudik digital?

Mudik digital merupakan aktivitas silaturahmi yang dilakukan melalui panggilan video bersama (video call) keluarga. Kegiatan ini diharapkan memutus mata rantai penularan wabah Covid-19 ke sejumlah daerah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jadi Pemimpin Dunia Paling Berpengaruh di Facebook

Berikut deretan aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mudik digital:

1. WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi percakapan paling populer di Indonesia. Untuk mudik digital bisa memanfaatkan video call yang kini sudah bisa dengan 8 orang dalam satu panggilan.

2. Zoom