Find Us On Social Media :

Tokopedia dan Dua Kementerian RI Gelar Kampanye #RamadanBanggaLokal

By Rafki Fachrizal, Kamis, 14 Mei 2020 | 11:00 WIB

Kampanye Tokopedia #RamadanBanggaLokal

Industri fesyen muslim di Indonesia terus mengalami perkembangan. Menurut The State Global Islamic Economy Report tahun 2019-2020, Indonesia menduduki peringkat ke-tiga sebagai negara yang mengembangkan fesyen muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki.

Hal ini tentunya menjadi peluang bagi UMKM sektor fesyen muslim Tanah Air, bahkan di tengah pandemi seperti saat ini.

Melihat hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI), Tokopedia, serta para pelaku industri fesyen muslim lokal, menginisiasi kampanye #RamadanBanggaLokal.

Kampanye ini dihadirkan sebagai upaya bersama untuk memajukan industri sekaligus membantu menggerakkan roda perekonomian syariah di tengah pandemi.

Wishnutama Kusubandio selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, mengatakan bahwa produk lokal - salah satunya fesyen muslim - merupakan contoh produk ekonomi kreatif yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi.

“Dengan menyatukan semangat antara pemerintah dan pelaku industri, melalui kampanye ini kita bisa mendukung tumbuh kembang para pegiat UMKM di industri fesyen muslim sekaligus meningkatkan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap produk fesyen muslim lokal,” jelas Wishnutama.

Baca Juga: Data Bocor, CEO Tokopedia Tegaskan Pentingnya Kepercayaan Pengguna

Sementara itu, Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian RI, menjelaskan, “Kinerja ekspor industri pakaian jadi sepanjang 2019 mencapai US$8,3 miliar dan pada Januari-Februari 2020, ekspor industri pakaian jadi menembus US$1,38 miliar. Melihat potensi yang sangat besar tersebut, kampanye ini adalah upaya bersama untuk memajukan industri pakaian secara daring, dalam kesempatan ini fesyen muslim, sekaligus menjaga perputaran roda ekonomi syariah selama pandemi.”

Lebih lanjut, kampanye #RamadanBanggaLokal sendiri diadakan pada 13-17 Mei 2020 di Tokopedia. Kampanye ini akan melibatkan sejumlah pelaku industri fesyen muslim lokal, termasuk Aleza, Nadjani, Kami, Ghaisani, Irsalina, Buttonscarves, RA Hijab, Duha Muslimwear, Ederra, dan masih banyak lainnya.

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, menyatakan, “Kolaborasi antara Tokopedia dengan Kemenparekraf, Kemenperin dan pelaku industri fesyen muslim lokal ini adalah upaya bersama dalam memastikan pertumbuhan industri fesyen muslim tetap terjaga dengan memungkinkan para pebisnis lokal dapat terus berbisnis daring lewat Tokopedia.”

Dalam kampanye ini, Tokopedia juga akan membantu pebisnis fesyen muslim lokal dengan memberikan pendampingan, akses dan edukasi yang dibutuhkan termasuk peningkatan kualitas produksi hingga pemasaran, serta penyediaan fitur-fitur yang dapat membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli melalui Tokopedia.

Baca Juga: Tokopedia dan Ruangguru Banyak Dikunjungi Peserta Kartu Prakerja