Find Us On Social Media :

Dukung UMKM Saat Pandemi, Instagram Luncurkan Fitur 'Pesan Makanan'

By Adam Rizal, Kamis, 14 Mei 2020 | 13:30 WIB

Instagram

Instagram meluncurkan serangkaian pembaruan dan fitur baru di platform media sosialnya. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah situasi pandemi COVID-19.

Untuk menyediakan opsi pengantaran makanan bagi pelanggan, Instagram menambahkan mitra pengantar makanan pada stiker di fitur Instagram Stories.

Selain GrabFood, pemilik UMKM kuliner juga dapat memasukkan tautan bisnis mereka di layanan GoFood.

Warganet cukup mengetuk tulisan 'Pesan' di Stories untuk langsung melakukan pemesanan produk UMKM yang terhubung dengan akun GoFood maupun GrabFood.

Stiker pesanan makanan tersedia untuk akun bisnis Instagram di perangkat Android maupun iOS.

Mulai hari ini, Instagram juga meluncurkan stiker gift card di Indonesia untuk membantu UMKM memasarkan voucher diskon dari bisnis mereka.

Pelaku bisnis dapat menggunakan stiker ini di Stories, atau menambah tombol tindakan di profil bisnis.

Ketika pengikut akun mengetuk stiker di Stories atau di profil bisnis, mereka akan secara otomatis diarahkan ke laman mitra penyedia //gift card// Instagram.

Untuk menggunakan stiker ini, UMKM dapat bergabung dengan mitra penyedia gift card Instagram.

Saat ini, Instagram bekerja sama dengan gerakan sosial Support Local Brands yang diinisiasi oleh Tada, Moka, dan Gojek.

Gerakan tersebut berupaya mengantisipasi dampak COVID-19 terhadap UMKM lokal melalui penjualan gift card atau voucher diskon.

Vice President of the Global Business Group, APAC, Karen Teo, mengatakan bahwa UMKM adalah bagian penting dari pengguna Instagram.