Find Us On Social Media :

Begini Lima Cara Bikin Password Aman dan Susah Dibobol Hacker

By Adam Rizal, Jumat, 15 Mei 2020 | 16:00 WIB

Inilah saran FBI untuk membuat password yang susah ditembus

Hampir setiap perangkat teknologi seperti gawai memiliki fitur keamanan untuk menjaga data pengguna.

Fitur keamanan yang paling umum adalah kata sandi atau password. Sayangnya, tidak semua pengguna paham cara membuat password yang aman, kuat sehingga tidak mudah dibobol hacker.

Dilansir laman India Times, berikut lima cara untuk membuat password yang aman dan terlindung dari peretas:

1. Pastikan dapat diingat dengan mudah

Pengguna harus memastikan bahwa kata sandi yang dibuat dapat diingat dengan mudah. Tidak ada gunanya menyulitkan kata sandi jika pengguna tidak dapat mengingatnya.

2. Jangan menggunakan istilah atau frasa umum

Beberapa pengguna mungkin ceroboh dan berpikir kata sandi 'Password' adalah pilihan terbaik. Tetapi peretas mengetahui hal yang telah menjadi rahasia umum itu dan akan membuat akun pengguna menjadi target yang mudah. Disarankan untuk membuat kata sandi yang tidak masuk akal. Sebagai contoh, pengguna dapat menggunakan kata sandi dari bahasa Hindi alih-alih menggunakan kata bahasa Inggris biasa untuk menambahkan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

3. Pastikan panjangnya minimal 12 karakter

Semakin panjang kata sandi, maka semakin baik. Kata sandi yang panjang akan menyulitkan para peretas, karena tidak hanya panjang tetapi peranti lunak peretasan akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencoba beberapa kombinasi. Jika waktu tunggu terlalu lama, peretas pada akhirnya akan menyerah.

4. Pastikan pengguna menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil

Pengguna mungkin dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil dalam satu kata sandi.

Sebagai contoh, penggunaan kata sandi CoRnUcoPiA akan membuat perbedaan besar dibanding dengan Cornucopia. Penggunaan kombinasi ini juga membantu jika seseorang mendengar kata sandi pengguna. 5. Tambahkan angka dan karakter khusus