Find Us On Social Media :

Begini Cara SpaceDC Sediakan Ruang Data Center Efisien di RI

By Adam Rizal, Minggu, 17 Mei 2020 | 15:00 WIB

Ilustrasi Data Center

Kehadiran SpaceDC di Indonesia yang sebelumnya bernama Polymer Connected merupakan rencana bisnis yang dibentuk dengan pertimbangan matang.

Pertumbuhan pasar digital yang kuat dengan konektivitas Internet yang luas fokus memberikan waktu kerja, efisiensi dan kinerja maksimum, akan mendorong permintaan penyimpanan data dan pengelolaan layanan hosting untuk tumbuh secara eksponensial di seluruh Indonesia.

Darren Hawkins (CEO SpaceDC) mengatakan SpaceDC berkomitmen menumbuhkan pasar Data Center di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun dalam merancang, SpaceDC membangun dan mengoperasikan fasilitas di seluruh dunia.

"SpaceDC memanfaatkan peluang besar untuk menciptakan jalan yang lebih baik bagi pelanggan kami, karena Data Center kami menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk menumbuhkan bisnis mereka saat ini dan di masa depan,” katanya.

Pada 2025, Indonesia siap untuk mengalami pertumbuhan eksponensial karena peningkatan peserta migrasi OTT (Over-the-Top) di Indonesia. Permintaan Data Center lokal sangat tinggi setelah pengenalan Regulasi Pemerintah 82 Tahun 2012 mengenai penerapan teknologi 5G.

"Pemerintah Indonesia dan perusahaan berupaya meningkatkan adopsi Data Center untuk mempromosikan transformasi digital di seluruh sektor industri," ucapnya.

Hari ini, SpaceDC mengembangkan bisnisnya menjadi Data Center yang ramah lingkungan dan memiliki keunggulan dari Data Center lainnya di Indonesia.

Sebagai green Data Center pertama di Indonesia, inisiatif tersebut adalah dengan menggunakan gas alam untuk menghasilkan listrik sebagai sumber daya fasilitasnya. Dengan cara mendaur ulang limbah panas dari generator gas untuk pendinginan melalui pendingin serapan.

SpaceDC terus berkomitmen untuk berinovasi, berkembang dan sukses menjadi mitra data center yang tepat. SpaceDC menawarkan 3 solusi yang berkualitas untuk membantu kebutuhan bisnis pelanggan sekarang dan di masa yang akan datang diantaranya:

Colocation

Colocation di SpaceDC memungkinkan pelanggan kami melakukan konfigurasi dan mendukung implementasi data center mereka sesuai dengan kebutuhan perusahaan,  yakni dengan menyediakan rak siap pakai pada Data Center kami atau bahkan Colocation langsung di modul jaringan mereka sendiri. Solusi ini sangat cocok untuk organisasi yang ingin mengembangkan track record data mereka di Indonesia atau membuat situs disaster recovery (DR). Permintaan untuk wholesale colocation dari layanan penyedia cloud global akan mendorong pertumbuhan layanan data center di Indonesia. Di SpaceDC, organisasi dapat memperoleh lebih banyak ruang untuk berkembang, baik sekarang maupun di masa depan. Solusi wholesale yang ditawarkan SpaceDC memberi perusahaan fleksibilitas untuk membangun jejak Data Center yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Tim TI kami dapat membantu pelanggan membuat sebuah rancangan yang dapat memenuhi kebutuhan Data Center mereka. Dan sepanjang keseluruhan proses tersebut, pelanggan kami akan didampingi dan dibantu setiap saat," ujarnya.