Ramadan tahun ini hadir dengan kondisi yang berbeda, yakni berlangsung di tengah situasi pandemi Covid-19.
Pemerintah pun terus mengingatkan masyarakat agar tetap berada di rumah demi memutus rantai penyebaran pandemi ini.
Di sisi lain, perusahaan marketplace Tokopedia melihat bahwa pandemi ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan dan beribadah dari rumah selama bulan Ramadan ini.
Pertama, terkait berbagi kebaikan. Data internal Tokopedia mengungkapkan bahwa zakat maal dan fitrah serta donasi mengalami peningkatan yang signifikan.
Garri Juanda selaku Head of Tokopedia Salam mengatakan bahwa fitur Zakat Maal dan fitrah yang meningkat menjadi 3 kali lipat selama periode Ramadan tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
“Melihat antusiasme yang begitu tinggi, Tokopedia menghadirkan sejumlah inisiatif baru untuk mendorong lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan. Pengguna kini dipermudah dalam menghitung baik jumlah zakat fitrah maupun zakat maal yang harus dibayarkan secara langsung di Tokopedia sehingga tidak perlu lagi menghitung secara terpisah,” terang Garri.
Sedangkan donasi, lewat fitur donasi bernama ‘Bantu Pejuang COVID-19’, Tokopedia berhasil mengumpulkan sebesar Rp7,3 M untuk membantu menyalurkan alat pelindung diri (APD) dan peralatan medis lainnya ke 131 rumah sakit dan institusi kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia.
Kedua, terkait beribadah. Garri mengungkapkan bahwa selama bulan Ramadan antusiasme masyarakat dalam menggunakan produk dan layanan Tokopedia Salam untuk beribadah juga meningkat signifikan. Salah satunya terlihat dari peningkatan pemakaian fitur Al-Qur’an digital.
Baca Juga: OVO, Tokopedia dan Grab Kumpulkan Rp2.5 Miliar untuk Patungan THR
“Kunjungan pada fitur Al-Qur’an digital, misalnya, mengalami kenaikan menjadi lebih dari 3 kali lipat selama periode Ramadan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Selain itu, masyarakat cenderung meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an digital pada waktu subuh, zuhur dan magrib,” jelas Garri.
Dilanjutkan Garri, Tokopedia di sisi lain juga telah menambahkan fitur Jadwal Sholat pada ekosistem Tokopedia Salam yang mempermudah masyarakat melihat jadwal sholat sekaligus puasa Ramadan ini.
Lebih lanjut, Tokopedia salam juga kini memiliki Program KOTA (Kakak dan Orang Tua Asuh) dan fitur Gift Card.
Dengan Program KOTA, Tokopedia memungkinkan masyarakat dapat berperan sebagai kakak atau orang tua asuh untuk menyediakan dana bantuan secara rutin kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam menghadirkan program ini Tokopedia berkolaborasi dengan Human Initiative.
Kemudian fitur Gift Card, yang memungkinkan masyarakat untuk dapat mengirim kartu hadiah digital bertema Ramadan kepada teman dan keluarga melalui Tokopedia Gift Card.
Penerima juga dapat menggunakan kartu hadiah dengan nominal tertentu untuk membeli aneka produk yang diinginkan lewat Tokopedia.
Ke depannya Tokopedia akan meluncurkan fitur Fidyah dan Kotak Klenceng. Fitur Fidyah nantinya untuk mempermudah masyarakat yang memiliki kewajiban membayar fidyah atas sejumlah hari puasa tertinggal dan tidak dapat digantikan di lain waktu.
Sementara fitur Kotak Klenceng merupakan fitur yang dapat membantu masyarakat menunaikan infaq untuk pembangunan masjid atau bantuan anak yatim.
“Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran, bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik. Melalui sederet inisiatif ini, kami terus berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia secara digital,” pungkas Garri.
Baca Juga: Viral Surat Bebas Corona Dijual di Ecommerce, Ini Respons Tokopedia