Find Us On Social Media :

Daftar 14 Smartphone dengan Kamera 48 MP ke Atas Terbaik di Indonesia

By Adam Rizal, Jumat, 22 Mei 2020 | 16:00 WIB

Samsung Galaxy S20

Teknologi smartphone semakin berkembang, termasuk dalam hal kemampuan fotografi dan videografi.

Berberapa tahun belakangan bahkan terjadi semacam "perlombaan" kamera di kalangan para vendor ponsel.

Jumlah kamera menjadi semakin banyak, jenisnya semakin beragam, resolusinya pun menunjukkan tren semakin besar dari tahun ke tahun.

Resolusi tinggi ini bukan gimmick belaka. Umumnya, smartphone dengan kamera beresolusi tinggi (40 megapiksel ke atas) menerapkan teknik pixel binning, yakni menggabungkan tiap empat piksel menjadi satu untuk meningkatkan kualitas gambar akhir.

Walhasil, secara default, resolusi foto mereka pun seperempat resolusi asli sensornya. Misalnya, sensor 48 MP menghasilkan output 12 MP, sementara 64 MP menghasilkan 16 MP.

Jika diinginkan, ponsel-ponsel dengan kamera resolusi tinggi juga membolehkan pengguna mengambil gambar dengan resolusi aslinya untuk memaksimalkan ketajaman, meski tanpa peningkatan kualitas dari pixel binning.

Bahkan ada juga pabrikan yang melangkah lebih jauh seperti dengan menerapkan filter warna berbeda dari biasanya untuk meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya.

Ada juga yang melakukan pixel binning dengan menggabungkan hingga 9 piksel sekaligus.

Berikut daftar smartphone anyar dengan kamera resolusi tinggi - 48 megapiksel ke atas- yang bisa ditemukan di pasaran Indonesia sekarang.

Ponsel-ponsel ini merupakan model-model terbaru keluaran 2020, dan karena itu mengusung inovasi termutakhir dari masing-masing pabrikan.

Selengkapnya, silakan simak dalam daftar di bawah.

1. Samsung Galaxy A51