Find Us On Social Media :

Begini Prosedur Keamanan 'New Normal' di Gerai Operator Seluler

By Adam Rizal, Kamis, 28 Mei 2020 | 17:00 WIB

GraPARI Telkomsel

Pemerintah telah menerbitkan protokol kenormalan baru atau "new normal" untuk operasional perkantoran dan industri dalam masa pandemi COVID-19 di Indonesia.

Operator-operator seluler pun menerapkan protokol keamanan di gerai masing-masing untuk mamastikan aktivitas bisa berjalan normal sambil melindungi staf dan pengunjung.

Protokol ini sudah mulai diterapkan ketika pandemi COVID-19 mulai melanda. Gerai Grapari Telkomsel, misalnya, melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap setiap pelanggan sebelum memasuki area gerai.

Hand sanitizer, sabun cair, dan masker turut disediakan untuk pelanggan yang membutuhkan.

Dari keterangan resminya, staf counter customer service di gerai Grapari juga melayani pelanggan dari balik akrilik transparan untuk meminimalisir kemungkinan penularan.

Untuk pelanggan yang hendak mendapat layanan tanpa harus walk-in ke gerai, Telkomsel menyediakan beberapa pusat layanan digital. Misalnya, virtual assistant di aplikasi MyTelkomsel, situs www.telkomsel.com, LINE @Telkomsel, Facebook Messenger "Telkomsel", dan Telegram @Telkomsel_official_bot, maupun email cs@telkomsel.co.id.

Seperti Telkomsel, operator seluler XL Axiata pun menerapkan protokol keamanan di gerai XL Centre untuk merespons pandemi COVID-19.

Setiap pelanggan dan staf XL Centre wajib melakukan pemeriksaan suhu tubuh, maksimal 38 derajat celsius, sebelum memasuki area gerai.

Jumlah pelanggan pun dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas normal, serta ada kententuan jaga jarak antara kursi tunggu.

Pemisah berupa akrilik transparan turut dipasang di counter customer service untuk interaksi dengan pelanggan, sebagai perlindungan sekaligus menjaga jarak. Disinfeksi ruangan dilakukan setiap hari.

Geral XL Centre sendiri buka dari pukul 09.00 sampai 15.00 untuk layanan replacement serta reaktivasi kartu prabayar dan paskabayar. Khusus reaktivasi tersedia pula layanan online lewat e-mail ke alamat xlc@xl.co.id.

Selain operator seluler, gerai peritel gadget seperti yang dioperasikan oleh Erajaya Group turut menerapkan prosedur keamanan agar tetap bisa melayani pelanggan dengan aman.