Find Us On Social Media :

Sambut ‘New Normal’, Grab Hadirkan Fitur Baru GrabProtect

By Liana Threestayanti, Rabu, 3 Juni 2020 | 09:45 WIB

GrabProtect

Grab memperkenalkan fitur-fitur baru GrabProtect, peningkatan armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect, dan pembaruan aturan keamanan dalam rangka menyambut kenormalan baru (New Normal).

Pemerintah di wilayah Asia Tenggara mulai melonggarkan aksi pembatasan sosial secara bertahap dan memulai kembali aktivitas perekonomian pasca pandemi COVID-19. Akan tetapi, masih ada kekhawatiran akan penyebaran virus ‘gelombang kedua’. Berdasarkan survei terhadap pengguna ride-hailing di enam negara Asia Tenggara, terungkap bahwa mengenakan masker (77%), menyediakan hand sanitizer dalam mobil (71%), dan melakukan disinfeksi permukaan mobil sebelum memulai perjalanan (61%) adalah langkah pencegahan terpenting untuk memerangi COVID-19 saat ini. 

Menjawab kekhawatiran pelanggan, Grab menghadirkan GrabProtect, sebuah protokol keamanan dan kebersihan untuk meminimalisasi risiko penyebaran virus COVID-19 dari transportasi. GrabProtect dilengkapi dengan fitur keamanan, peralatan kebersihan, serta aturan keamanan terbaru yang menjadi standar terbaik dalam industri ride-hailing.

"Pandemi COVID-19 telah meningkatkan kesadaran terhadap keamanan dan kebersihan di berbagai industri. Keamanan selalu menjadi fokus utama Grab dan melalui program seperti GrabProtect, kami telah meningkatkan standar kebersihan di industri ride-hailing. Bersama dengan mitra pengemudi, kami akan mendorong perilaku bersih yang lebih baik sebelum perjalanan dimulai,” kata Russell Cohen, Regional Head of Operations, Grab.

GrabProtect memperkenalkan rutinitas dalam berkendara yang baru agar perjalanan lebih aman. Dimulai dengan memastikan pengguna dalam keadaan sehat dan telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum melakukan perjalanan, memberikan mereka kesempatan untuk membatalkan dan memberikan tanggapan kepada Grab jika mitra pengemudi tidak menggunakan masker, serta meningkatkan praktik menjaga keamanan dan kebersihan, seperti membersihkan tangan secara rutin dan menggunakan metode pembayaran nontunai (cashless payment).

Beberapa langkah yang dilakukan Grab tersebut meliputi:

Penyediaan teknologi deklarasi kesehatan daring dan Mask Selfie

Grab akan meluncurkan dua fitur in-app terbaru, formulir deklarasi kesehatan, dan kebersihan daring dan fitur pengecekan masker via selfie di seluruh pasar di mana Grab beroperasi mulai akhir bulan Juni ini. 

Sejak adanya penyebaran virus COVID-19, mitra pengemudi dan pengantaran Grab telah menunjukkan inisiatif mandiri mereka dengan memberikan deklarasi kesehatan harian melalui Aplikasi Mitra Pengemudi Grab. Fitur deklarasi kesehatan dan kebersihan daring ini mengharuskan mitra pengemudi dan pengantaran, serta penumpang untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala COVID-19 dan telah mematuhi langkah-langkah keamanan serta kebersihan yang diperlukan, sebelum mereka mulai mengemudi, mengantarkan pesanan, atau memesan kendaraan. Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk melakukan selfie dengan menggunakan masker pada fitur Mask Selfie (pengecekan masker via selfie) setelah melengkapi formulir deklarasi.

Melengkapi kendaraan dengan partisi plastik dan peralatan kebersihan 

Partisi plastik GrabBike

Grab akan mendistribusikan lebih dari 250.000 peralatan kebersihan kepada mitra pengemudi di seluruh kawasan Asia Tenggara, dan bekerja sama dengan produsen serta distributor untuk memudahkan para mitra dalam membeli produk kebersihan dengan harga terjangkau.