Find Us On Social Media :

Nih! Empat Alasan Bermanfaat untuk Perkembangan Otak Si Kecil

By Adam Rizal, Kamis, 4 Juni 2020 | 10:00 WIB

Ilustrasi anak main game

Selama tiga bulan lebih belajar di rumah akibat pandemi Covid-19, Si Kecil mungkin dilanda rasa bosan.

Untuk menghilangkan kebosanan tersebut, tak ada salahnya jika Moms membiarkannya bermain game.

Sebab, game tidak melulu membawa dampak buruk lo Moms untuk anak. Dibalik sifatnya yang menghibur, game juga ternyata memiliki banyak manfaat baik dalam proses tumbuh kembang Si Kecil.

Berikut beberapa manfaat dari game untuk anak:

1. Melatih logika

Saat bermain, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan game ini. Permainan bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang dihadapi.

2. Melatih kemampuan spasial

Melalui permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi akan terasah. Kemampuan ini akan berpengaruh pada kemampuan berhitung mereka. Selain itu, permainan juga akan membantu anak menggunakan motorik halusnya.

3. Stimulasi otak

Para pemain bisa membuat permainan sendiri sesuai dengan yang diinginkannya. Hal ini akan membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreativitas mereka.

4. Mengembangkan imajinasi

Permainan bisa membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam film dan diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan positif).