Find Us On Social Media :

Hati-hati, Fitur WhatsApp Ini Bisa Bikin Nomor Ponsel Anda Muncul di Google Search

By Rafki Fachrizal, Senin, 8 Juni 2020 | 19:51 WIB

Beberapa nomor pengguna WhatsApp di Indonesia yang muncul ketika menelusuri alamat site:wa.me “+62”.

Baru-baru ini, seorang peneliti keamanan siber dari India mengungkapkan bahwa fitur WhatsApp yang bernama ‘Klik untuk Chat WhatsApp’ menimbulkan kekhawatiran terhadap nomor ponsel pengguna.

Hal itu lantaran fitur ini dapat memungkinkan Google Search (pencarian) untuk membuat indeks nomor ponsel para pengguna WhatsApp sehingga dapat ditemukan oleh siapa saja.

Dikutip dari TechRadar, peneliti yang bernama Athul Jayaram itu melaporkan bahwa telah menemukan sebanyak 300 ribu nomor ponsel yang terhubung WhatsApp yang dipublikasikan melalui mekanisme ini.

Untuk diketahui, fitur Klik untuk Chat WhatsApp memungkinkan pengguna untuk memulai chat dengan pengguna lain tanpa harus menyimpan nomor pengguna tersebut di buku alamat telepon.

Selama pengguna mengetahui nomor teleponnya dan pengguna lain itu memiliki akun WhatsApp yang aktif, maka dapat membuat tautan yang akan memungkinkan kedua pihak tersebut untuk memulai sebuah percakapan.

Baca Juga: Facebook Buka Lowongan Pemimpin WhatsApp di Indonesia, Siapa Mau?

Bisa Dimanfaatkan Penjahat Siber

Dalam penjelasannya, Jayaram mengungkapkan bahwa nomor ponsel pengguna WhatsApp dapat ditemukan dengan mengunjungi alamat site:wa.me di kolom Google Search.

Saat alamat itu diklik, maka akan tampil nomor ponsel para pengguna WhatsApp dari berbagai negara di dunia.

Jika ingin lebih spesifik untuk melihat nomor para pengguna WhatsApp di suatu negara, bisa mengetik alamat site:wa.me “country code”.

Untuk bagian “country code”, diisi sesuai dengan kode nomor telepon negara yang dicari.

Misalnya, nomor ponsel pengguna Whatsapp di Indonesia yang dapat diakses di pencarian Google dengan mengetik site: wa.me “+62”.