Find Us On Social Media :

Alibaba Cloud Umumkan Ketersediaan Layanan Apsara di Indonesia

By Rafki Fachrizal, Rabu, 10 Juni 2020 | 17:30 WIB

Jack Ma, Pendiri Alibaba Group

Perusahaan cloud computing (komputasi awan) besutan Jack Ma, Alibaba Cloud, mengumumkan bahwa layanan yang bernama Apsara telah tersedia untuk para pelanggan di Indonesia. Apsara sendiri merupakan layanan database cloud-native untuk PolarDB dan AnalyticDB.

Layanan ini sendiri dihadirkan untuk para perusahaan yang tengah mencari inovasi yang canggih, aman dan hemat biaya untuk mendorong pertumbuhan bisnis pasca pandemi.

Leon Chen, Country Manager untuk Alibaba Cloud Indonesia, mengungkapkan "Melalui layanan cloud kami, kami berharap dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang mencari infrastruktur cloud yang tepercaya dan tangguh untuk mengatasi permintaan yang melonjak dalam proses tranformasi digital yang efektif.”

Lebih lanjut, ApsaraDB for PolarDB adalah database relasional cloud-native dengan elastisitas dan keandalan yang tinggi.

Tahun lalu, solusi ini memainkan peran penting dalam mendukung operasi platform e-commerce Alibaba saat menangani puncak permintaan sejumlah 87 juta per detik selama Alibaba Global Shopping Festival.

Untuk perusahaan yang menggunakan layanan ApsaraDB for PolarDB, layanan ini dilengkapi ruang penyimpanan maksimum 100 TB dan dapat dikonfigurasi dengan maksimum 16 node.

“Teknologi ini sepenuhnya kompatibel dengan MySQL, PostgreSQL dan kompatibel dengan Oracle, dan juga memungkinkan ekspansi CPU dan memori yang mudah dengan menggunakan virtualisasi kontainer dan teknologi blok penyimpanan yang terdistribusi dapat saling berbagi,” terang Leon.

Sedangkan AnalyticDB, adalah merupakan penyimpanan data real-time cloud-native yang dapat memproses data dalam skala petabytes dengan konkurensi tinggi dan latensi rendah.

AnalyticDB sendiri sudah kompatibel dengan mysql and postgresql. Bahkan, Alibaba Cloud mengklaim AnalyticDB  dapat memproses query SQL yang kompleks 10 kali lebih cepat dari database relasional tradisional.

Baca Juga: Alibaba Cloud Akan Buka 5.000 Lowongan Pekerjaan, Berminat Melamar?

Untuk pemasaran di Indonesia, Alibaba Cloud akan bekerja sama dengan mitra layanan TI lokal untuk menawarkan layanan Apsara bagi para perusahaan, terutama yang bergerak di industri gim, e-commerce, teknologi finansial, pendidikan dan media online.

Selain itu, Alibaba Cloud juga akan berkomitmen untuk menawarkan layanan-layanan yang dimilikinya untuk para pelanggan dari sektor UMKM (Usaha Kecil, Mikro dan Menengah) yang mana merupakan salah satu strateginya untuk memperkuat pasar pengguna di tanah air.