Find Us On Social Media :

Nih! Fitur-fitur Unik Google Chrome yang Menarik Anda Ketahui

By Rafki Fachrizal, Jumat, 12 Juni 2020 | 14:46 WIB

Ilustrasi Google Chrome

Untuk mencari berbagai informasi yang kita butuhkan, sudah pasti kita akan langsung mencarinya lewat web browser (peramban) seperti Google Chrome.

Apalagi, saat ini Google Chrome merupakan peramban paling populer di seluruh dunia dibandingkan dengan nama lainnya.

Nah mengenai Google Chrome, ternyata ada beragam fitur unik loh yang dimiliki peramban ini. Apa saja fitur itu?  

1. Menemukan File Berformat PDF dan DOC dengan Cepat

Bagi mahasiswa/i saat ini, seringkali memanfaatkan Google Chrome untuk mencari bahan untuk membantu menyelesaikan tugas kuliah mereka. Seperti mencari referensi jurnal dalam bentuk file PDF atau DOC misalnya.

Nah untuk mempercepat proses pencarian file jurnal untuk suatu tema pelajaran tertentu, Anda bisa menggunakan kata kunci “filetype:pdf” (tanpa tanda petik) di kolom pencarian.

Misalnya Anda mengetikkan “Sejarah Komputer filetype:pdf”, maka Google Chrome akan otomatis menunjukkan file-file PDF terkait dengan kata kunci tersebut.

2. Membuat Halaman Pencarian Menjadi Miring

Fitur yang satu ini bisa dibilang tidak bermanfaat. Tapi, ini bisa Anda praktekkan jika sedang ingin mencari keisengan sementara waktu.

Untuk membuat halaman pencarian Google Chrome menjadi miring, cukup mengetikan kata kunci “askew” dan kemudian mengklik enter.

Hasilnya, tampilan halaman Google di layar perangkat Anda akan sedikit bergeser ke arah kanan. Penasaran? Coba saja sendiri.

Baca Juga: Chrome Bakal Blokir Iklan yang Boros Baterai dan Kuota Internet