Find Us On Social Media :

Review Redmi Note 9: Helio G85 Pertama dan Empat Kamera Belakang

By Dayu Akbar, Selasa, 16 Juni 2020 | 14:00 WIB

Mengikuti kesuksesan seri sebelumnya yaitu Redmi Note seri 7 dan Redmi Note seri 8, Xiaomi kembali meluncurkan Redmi Note seri 9. Untuk pasar Indonesia, ada dua varian yang hadir yaitu Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Unit yang kali ini InfoKomputer uji adalah yang Redmi Note 9.

Dari namanya terlihat bahwa Redmi Note 9 merupakan varian dengan spesifikasi yang lebih rendah dibanding varian Pro. Tidak heran jika Redmi Note 9 ini ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. Secara umum yang membedakan antara Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro adalah SoC, resolusi kamera utama, dan ukuran layar.

Jika Redmi Note 9 menggunakan MediaTek Helio G85 maka Note 9 Pro menggunakan Qualcomm Snapdragon 720G. Kedua SoC itu memang fokus untuk urusan bermain gim dan menyasar kelas menengah. Redmi Note 9 pun jadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan MediaTek Helio G85.

Tampilan dan konektivitas Redmi Note 9 dilihat dari berbagai sisi. Tidak ketinggalan dukungan inframerah yang berguna untuk membuat smartphone ini sebagai pengendali jarak jauh.

Sama-sama memiliki empat kamera belakang, kamera belakang utama Redmi Note 9 punya resolusi 48 MP, sedangkan Redmi Note 9 Pro beresolusi 64 MP. Resolusi lain yang berbeda adalah kamera makro, serta perekaman video pada Redmi Note 9 Pro yang mencapai 4K.

Yang menarik, Redmi Note kini menyertakan banyak pilihan pengaturan pada aplikasi kameranya. Berbekal empat kamera belakang tadi, aplikasi tersebut menyediakan pilihan mode Photo yang mengadopsi AI serta zoom sampai 2x. Pada mode ini foto yang diambil menggunakan pengaturan default 12 MP. Untuk mengaktifkan resolusi 48 MP pengguna tinggal bergeser ke mode berikutnya.

Per dua kamera tersusun secara horizontal dengan desain bingkai yang membuatnya terlihat seperti smartphone kelas atas.

Aplikasi juga menyediakan pilihan berupa mode Cinematic Portrait dan mode Video serta aspek rasio 2,39:1. Aspek rasio 2,39:1 biasa digunakan untuk perekaman film layar lebar. Sementara, mode Night menurut kami hasilnya tidak terlalu jauh berbeda dengan mode Photo yang sudah mengadopsi AI. Tidak ketinggalan mode Pro yang di dalamnya memungkinkan pengguna bereksperimen dengan mengatur pilihan secara manual pada fungsi white balance, focus, speed, ISO, exposure value, dan lens. Menariknya mode Pro juga berlaku saat merekam video.

Pada bagian layar, Redmi Note 9 memiliki ukuran diagonal 6,53 inci, sedangkan Note 9 Pro berukuran 6,67 inci. Sementara; resolusi, panel, rasio layar terhadap bodi; semuanya sama antara keduanya; termasuk penggunaan pelindung Gorilla Glass 5.

Terdapat pilihan mode Portrait dengan bokeh, mode 48 MP, mode Pro, serta mode Kaleidoscope untuk menciptakan konten video berkonsep surrealist yang unik.