Find Us On Social Media :

Palo Alto Luncurkan Firewall Cerdas, Usir 95% Ancaman Tak Dikenal

By Liana Threestayanti, Kamis, 18 Juni 2020 | 15:45 WIB

Next Generation Firewall bernasis machine learning, pertama di dunia.

Palo Alto Networks memperkenalkan ML-Powered Next-Generation Firewall (NGFW) pertama di dunia yang mengusung teknologi machine learning pada intinya.

Firewall generasi terbaru ini dirilis seiring tren keamanan saat ini di mana jumlah titik-titik masuk ke dalam organisasi yang harus mereka lindungi terus bertambah. Dan organisasi-organisasi makin gigih dalam menerapkan keamanan dari upaya serangan siber. 

Teknologi machine learning (ML) yang disematkan di inti firewall ini secara proaktif mendukung pemblokiran ancaman secara cerdas, melindungi perangkat-perangkat IoT, serta memberikan rekomendasi dalam penerapan security policies. Langkah ini dinilai menjadi gebrakan baru dalam penerapan standar keamanan jaringan.

“Tiga belas tahun lalu, kami melakukan sebuah gebrakan dengan menciptakan Next-Generation Firewall yang membawa perubahan total di ranah keamanan jaringan,” ujar Nir Zuk, Founder dan Chief Technology Officer, Palo Alto Networks.

Menurut Nir Zuk, dibutuhkan sebuah pendekatan keamanan siber yang betul-betul baru dan revolusioner untuk menghadapi dinamika serangan yang terus berkembang dan meluasnya jaringan yang dibangun oleh perusahaan-perusahaan karena makin tingginya penerapan hybrid cloud, perangkat IoT, baik di lingkungan kantor maupun rumahan. 

"PAN-OS versi 10.0 merupakan solusi keamanan ML-Powered NGFW pertama di dunia yang terus menerus menerapkan pembelajaran dan meningkatkan keamanan secara proaktif di semua lini. Ini menjadikan tim keamanan selalu berada selangkah di depan dari ancaman keamanan itu sendiri," imbuh Nir Zuk.

Pertama di Industri

Palo Alto Networks ML-Powered NGFW yang hadir melalui PAN-OS® 10.0 dilengkapi dengan sejumlah fitur yang belum pernah diterapkan di manapun sebelumnya, seperti:

1.ML-Based In-line Malware dan Phishing Prevention

Tak sedikit pelaku serangan yang memanfaatkan mesin-mesin canggih untuk mengubah-ubah bentuk serangan mereka secara otomatis. Walhasil upaya preventif dengan menggunakan signature dari suatu ancaman menjadi tak berarti lagi untuk diterapkan. 

Sebelum ini, produk-produk keamanan jaringan hanya menggunakan model machine learning untuk pendeteksian secara out-of-band. Namun kini Palo Alto Networks ML-Powered NGFW menggunakan model machine learning secara in-line untuk mencegah serangan-serangan yang belum pernah dikenali sebelumnya.

2.Zero-Delay Signature Updates