Find Us On Social Media :

Microsoft Teams Kini Terintegrasi Skype, Mudahkan Komunikasi Antar Pengguna

By Rafki Fachrizal, Jumat, 19 Juni 2020 | 15:45 WIB

Ilustrasi Microsoft Teams.

Tahun lalu, Microsoft mengumumkan bahwa para pengguna Microsoft Teams akan dapat mengobrol atau melakukan panggilan suara/video ke pengguna yang menggunakan Skype, dan begitupun sebaliknya.

Fitur ini sudah ada di roadmap (peta jalan) Office 365 sejak Juli tahun lalu, dan akhirnya telah resmi diluncurkan Microsoft pada beberapa hari lalu.

“Kami baru-baru ini mulai meluncurkan Tim dan Skype Inter/Op. Hari ini kami senang bahwa roll out telah selesai - Pengguna tim sekarang dapat mengobrol dan menelepon jutaan pengguna Skype di seluruh dunia,” tulis Microsoft di blog resminya.

Menurut Microsoft, integrasi kedua platform tersebut dilakukan karena perusahaan melihat besarnya ekosistem bisnis kecil dan menengah (UKM) yang menggunakan Skype sebagai alat kolaborasi mereka.

“Banyak pelanggan Microsoft 365 yang berharap dapat melakukan bisnis dengan ekosistem ini. Skenario seperti berkomunikasi secara aman dengan vendor, pemasok, kontraktor, manajer proyek dan wawancara SDM hanyalah beberapa alasan mengapa intergrasi ini penting,” jelas Microsoft.

Dalam keteranganya, Microsoft mengungkapkan bahwa integrasi ini telah mendukung di berbagai perangkat pengguna Microsoft Teams dan Skype, baik di smartphone (Android dan iOS), web dan desktop (Windows dan Mac).

“Untuk pengalaman yang optimal, kami merekomendasikan untuk menggunakan versi 8.58 atau versi yang lebih baru. Kami juga menargetkan untuk dukungan untuk Teams Phones pada akhir Juni ini,” kata Microsoft.

Baca Juga: Mirip Zoom, Microsoft Teams Akan Bisa Tampilkan 49 Peserta di Layar

Adanya Keterbatasan

Microsfot mengungkapkan bahwa integrasi ini juga masih memiliki beberapa keterbatasan di antara pengguna kedua platform tersebut.

Keterbatasan yang pertama, Percakapan bersifat teks saja. Ini berarti tidak ada pemformatan, @mentions dan emoji.

Kedua, percakapan hanya bersifat satu-satu saja. Obrolan grup belum didukung. Keterbatasan selanjutnya, pengguna Microsoft Teams dan pengguna Skype juga tidak bisa melihat kehadiran satu sama lain.