Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Pakai Aplikasi Pesan Telegram Versi Web

By Adam Rizal, Selasa, 23 Juni 2020 | 15:00 WIB

Telegram

Telegram menyediakan layanan versi web yang bisa digunakan di peramban laptop atau ponsel yang bisa digunakan dengan sejumlah tips berikut.

Telegram sendiri merupakan sebuah aplikasi perpesanan instan yang dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP asal Rusia.

Aplikasi ini tersedia di perangkat Android, iOS, Windows, maupun Ubuntu. Layanan ini juga bisa diakses melalui versi situs web.

Telegram diciptakan oleh kakak beradik Pavel Durov dan Nikolai Durov diluncurkan pada 2013 silam.

Pavel berperan mendanai dan mengurus infrastruktur, sementara Nikolai menciptakan protokol dasar layanan.

Salah satu 'jualan' utama Telegram adalah fitur keamanan yang rapat. Hal ini menjadikannya salah satu layanan pesan instan terenkripsi yang membungkus konten percakapan agar tak bisa diintip-- termasuk oleh perusahaan pembesut.

Ketimbang WhatsApp atau Line lebih populer di Indonesia, Telegram tergolong sebagai yang pertama memakai enkripsi.

Di samping enkripsi mereka juga beberapa fitur seperti 'secret chat' dan 'destruct' yang bisa menghapus isi pesan menggunakan timer.

Namun, layanan ini diblokir pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sejak Juli 2017.

Baca Juga: Akhirnya Rusia Cabut Blokir Aplikasi Telegram Setelah Dua Tahun

Sementara itu, alasan pemblokiran Telegram ditengarai karena mengandung konten ilegal. Seperti diketahui, aplikasi ini memiliki fitur pesan rahasia yang terenkripsi level canggih.

Sehingga perusahaan sendiri tidak memiliki data penggunanya. Fitur inilah yang menjadi celah yang digunakan para teroris untuk berkomunikasi satu sama lain.