Find Us On Social Media :

Google Cloud Platform Region Resmi Hadir di Jakarta, Ini Keunggulannya

By Adam Rizal, Rabu, 24 Juni 2020 | 13:15 WIB

Google Cloud Platform

Indonesia adalah salah satu negara yang paling kreatif, dinamis, dan berjiwa bisnis di Asia Tenggara.

Google melihat para developer dan pengusaha mengadopsi teknologi cloud terbaru untuk mengatasi tantangan serta menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang termasuk paling pesat di dunia.

"Kami dengan senang mengumumkan bahwa region Google Cloud Platform (GCP) baru di Jakarta," kata Google dalam Blognya.

Google Cloud Platform Region dirancang untuk mendukung pelanggan di Indonesia dan Region Jakarta adalah region GCP pertama kami di Indonesia dan yang ke-9 di Asia-Pasifik (APAC).

Peluncuran region Jakarta yang baru ini lebih mendekatkan GCP ke pelanggan dan pengguna kami. GCP menawarkan latensi yang lebih rendah untuk akses ke data dan aplikasi, perusahaan yang berbisnis di Indonesia dapat mempercepat transformasi digital mereka.

"Ini juga akan membantu pelanggan memenuhi persyaratan regulasi dan kepatuhan tertentu, serta menyediakan lebih banyak opsi pemulihan bencana bagi pelanggan di APAC," katanya Dari awal, region GCP ini dirancang untuk memiliki tiga zona Cloud sehingga bisa menangani beban kerja yang memerlukan tingkat ketersediaan tinggi. Dengan adanya region ini, Google Cloud sekarang menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

"Google Cloud telah membantu kami dalam menjalankan strategi perbankan digital untuk meningkatkan inklusi finansial dan dalam melayani kebutuhan perbankan rakyat Indonesia," ujar Indra Utoyo, Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

“Saat ini, kami menggunakan Apigee, Google Maps Platform API, dan Cloud Vision untuk pengembangan produk. Dengan pendekatan hybrid, on-cloud, dan on-premise, baik Google maupun BRI menempatkan keamanan data di prioritas tertinggi. Peluncuran Google Cloud Region di Jakarta mempertegas komitmen Google dan akan membantu kami dalam menjangkau nasabah dengan lebih baik lagi," ujarnya.

Dengan target untuk mengalihkan 70 persen beban kerjanya ke cloud dalam tiga tahun ke depan, PT XL Axiata Tbk sebagai pemain utama di bidang telekomunikasi telah mengadopsi Anthos untuk mengotomatisasi, mengelola, dan menskalakan beban kerja di lingkungan hybrid/ multi-cloud-nya secara aman dan konsisten.

“XL Axiata berkomitmen untuk memodernisasi infrastruktur kami demi meningkatkan fleksibilitas bisnis dan mempercepat deployment aplikasi. Anthos sangat ideal bagi kami karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sekaligus memungkinkan Google, pemimpin di teknologi Kubernetes, melakukan pengelolaan infrastruktur kontainer bagi kami,” kata Yessie D Yosetya, Chief Information and Digital Officer XL Axiata.

Indonesia adalah tempat lahirnya banyak unicorn digital seperti Tokopedia yang memicu disrupsi di industri mereka dengan mentransformasikan cara mereka menyediakan layanan digital.

“Google Cloud telah memungkinkan kami untuk menghubungkan penjual dan pembeli dari seluruh negeri yang luas ini. Google Cloud Region di Jakarta menghadirkan peluang yang menarik untuk kesetaraan bisnis di Indonesia,” ujar Tahir Hashmi, VP of Engineering Tokopedia.