Find Us On Social Media :

Jumlah Mitra UMKM Tokopedia Melonjak 8,2 Juta Selama Pandemi Corona

By Adam Rizal, Minggu, 28 Juni 2020 | 16:00 WIB

Ilustrasi Tokopedia

Platform e-commerce Tokopedia membukukan peningkatan signifikan mitra pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah saat masa-masa pandemi virus corona Covid-19.

Hal ini disebabkan lantaran adanya pembatasan-pembatasan membuat pelaku UMKM beralih melakukan penjualan secara daring.

Chief Executive Officer Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, terjadi kenaikan jumlah UMKM yang bergabung di platformnya sebanyak 2,3 juta mitra sepanjang periode Agustus 2019 hingga saat ini.

Adanya inovasi digital diharapkan menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk bangkit setelah masa pandemi.

"Belum setahun peningkatannya sudah akselerasi sekali, karena butuh waktu 10 tahun untuk mencapai 6 juta mitra, tapi sekarang tidak sampai setahun angkanya sudah meningkat jadi 8,3 juta mitra dan ini mungkin hal positif," kata William.

Menurut dia, ini disebabkan lantaran kondisi yang memaksa UMKM yang bisnisnya mandeg karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Kebijakan tersebut juga berdampak pada tren penjualan secara daring, di mana kebutuhan-kebutuhan pokok dan kesehatan meningkat pesat dan kebutuhan tersier seperti alat elektronik menurun.

Meskipun jumlah mitra Tokopedia meningkat pesat, William menyebut digitalisasi UMKM di Indonesia masih terkendala minimnya literasi digital yang dimiliki pelaku UMKM.

Untuk mengantisipasi hal itu, unicorn ini pun menggaet kementerian-kementerian terkait dan asosiasi pengusaha untuk melakukan edukasi secara terus menerus.

"Kami melakukan semangat kolaborasi, di masa pendemi ini, kami berkolaborasi dengan kementerian terkait, asosiasi yang ada di Indonesia untuk on-boarding mitra-mitra binaan mereka atau anggota asosiasi khususnya buat yang binisnya benar-benar terdampak," kata dia.

Sementara untuk mempercepat digitalisasi UMKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan seluruh desa di Indonesia telah tersambung dengan jaringan 4G di tahun 2022.

Pasalnya, dari sebanyak 83.280 desa, masih ada 14% atau setara 12.458 desa yang belum memiliki jaringan 4G.