Find Us On Social Media :

Review BenQ GV1: Proyektor Portabel Pintar dengan Bentuk Unik

By Dayu Akbar, Senin, 29 Juni 2020 | 08:30 WIB

BenQ GV1

BenQ yang kerap menghadirkan perangkat proyektor, meluncurkan proyektor portabel pintar dengan bentuk yang unik. Jika kebanyakan proyektor berbentuk pipih horizontal, BenQ GV1 ini berbentuk mini tower mirip speaker portabel. Ukurannya cukup ringkas; jika disandingkan secara langsung, tinggi dan panjangnya tidak jauh berbeda dengan smartphone.

Dimensi yang mini ini tentu membuatnya mudah dibawa-bawa dan ditempatkan di mana pun. Dengan bentuk yang praktis, proyektor ini juga dibuat sama mudahnya dalam hal konektivitas maupun penggunaannya.

Koneksi kabel hanya menyediakan porta USB Type-C yang bisa digunakan untuk terhubung dengan media simpan eksternal, PC desktop dan laptop, dan untuk mengisi baterai smartphone.

Bodi proyektor bagian bawah yang berlubang-lubang memiliki fungsi sebagai speaker. Selain sebagai keluaran suara proyektor, menariknya tata suara itu juga bisa digunakan sebagai speaker portabel. Bagian atasnya terdapat beberapa tombol untuk fungsi dan navigasi. Bagian atasnya tersebut bisa dimiringkan berkat engsel berwarna kuning sampai 15°. Jadi, untuk mendapat proyeksi terbaik, Anda tinggal memiringkan engselnya. Tidak ketinggalan pada bagian sisinya terdapat slider untuk fokus secara manual. Sementara, pada bagian bawah terdapat lubang yang kompatibel dengan tripod.

Untuk menjalankan fungsi dari jarak jauh, seperti proyektor lain pada umumnya, disertakan remote control dengan fungsi tombol yang lebih lengkap dibanding tombol pada bagian atas bodinya. Remote control ini ditopang dengan baterai pipih yang sudah termasuk dalam paket pembelian. Remote control tersebut menggunakan sensor inframerah yang berfungsi lancar saat diarahkan menghadap depan proyektor.

Ketika bagian atasnya dimiringkan, fungsi automatic keystone akan membantu gambar persegi terbentuk sempurna.