Find Us On Social Media :

Inilah Media Sosial yang Paling Banyak Diakses Pengguna 3 Indonesia

By Rafki Fachrizal, Selasa, 30 Juni 2020 | 13:45 WIB

Ilustrasi Pengguna Media Sosial Instagram.

Saat ini, berselancar di media sosial sudah menjadi salah satu aktivitas harian yang tidak terpisahkan dari pengguna internet di Indonesia.

Jika berdasarkan riset We Are Social Hootsuite yang dirilis pada Januari 2019, pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi.

Nah terkait dengan media sosial ini, perusahaan jaringan telekomunikasi 3 Indonesia baru-baru ini melakukan analisa terhadap empat aplikasi media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan TikTok).

Analisa itu bertujuan untuk mengetahui media sosial mana yang paling banyak diakses oleh pengguna jaringan 3.

Berdasarkan analisa tersebut, diketahui Facebook menjadi media sosial yang paling banyak diakses oleh pengguna 3, hampir dua kali lipat dari Instagram yang berada di posisi kedua.

Selain itu, hal menarik lainnya adalah penggunaan TikTok. Media sosial yang relatif baru ini berhasil mendapatkan jumlah pengguna yang besar dalam waktu cepat sehingga mampu membuntuti Twitter dengan selisih jumlah pengguna yang tipis.

Baca Juga: Operator Telekomunikasi 3 Indonesia Bangun Data Center dalam 40 Hari

Berdasarkan penggunaan data, Instagram menjadi media sosial yang rata-rata konsumsi data per hari nya paling tinggi.

Tingginya konsumsi data ini didorong oleh durasi penggunaan harian yang tinggi dan basis konten Instagram yang berupa foto dan video.

Di sisi lain, Twitter yang kontennya lebih banyak berbasis teks, memiliki rata-rata konsumsi data per hari yang paling irit dibandingkan Facebook, TikTok dan Instagram.

“Media sosial telah merevolusi cara kita berkomunikasi. Melalui media sosial, keluarga, teman, hingga kerabat yang sudah lama tidak bertemu dan terpaut jarak yang jauh kini dapat tetap saling terhubung secara personal dengan cara yang mudah dan sederhana,” kata Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia Desmond Cheung.