Find Us On Social Media :

Tren Konten Media Sosial Teratas yang Harus Diperhatikan oleh Bisnis

By Rafki Fachrizal, Rabu, 1 Juli 2020 | 14:15 WIB

Ilustrasi Media Sosial

Di tengah situasi ‘new normal’, pemilik brand (merek) atau bisnis dituntut agar terus menghadirkan cara baru dan inovatif.

Melibatkan para pelanggan melalui media sosial juga menjadi sangat penting karena interaksi fisik menjadi sangat terbatas dalam situasi seperti saat ini.

Dua platform media sosial paling populer saat ini, Facebook dan Instagram, telah membuktikan bahwa mereka merupakan saluran yang efektif untuk menggaet pelanggan, terutama jika konten turut dipromosikan melalui fitur ads di kedua platform tersebut.

WeAreSocial dan GlobalWebIndex melaporkan bahwa 34% pengguna Internet berusia 16-64 di Indonesia mengatakan bahwa mereka dapat terpapar merek dari iklan di media sosial.

Sedangkan 32% lainnya, mengklaim bahwa rekomendasi atau komentar di media sosial mampu mendorong keinginan mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang merek atau produk tertentu.

“Penggunaan media sosial yang efektif dapat mendorong keinginan pelanggan untuk mengetahui lebih banyak tentang penawaran Anda (pemilik brand atau bisnis), yang diharapkan akan menghasilkan lebih banyak traffic ke bisnis Anda,” kata Sarah Humaira, VP and Head of Marketing, Zilingo.

Baca Juga: Lima Tips untuk Meningkatkan Branding Bisnis Melalui Media Sosial

Lebih lanjut, Zilingo mengungkapkan beberapa tren konten media sosial teratas yang harus diperhatikan para pemilik brand dan bisnis.

Menurut Zilingo, tren-tren ini dapat menarik perhatian audiens secara efektif di media sosial. Beberapa tren tersebut di antaranya:

1. Mulai Membuat Konten ‘Shoppable’

Pernah menemukan posting yang menunjukkan harga produk setelah diklik? Jika demikian, maka itu adalah Shoppable Post.

Pos yang dapat dibeli memungkinkan pelanggan mengetahui harga (dan diskon) tanpa dialihkan ke situs atau katalog lain.

Fitur Instagram ini sangat disukai oleh bisnis dan brand karena dapat meningkatkan niat beli audiens dan memudahkan proses transaksi.